Selasa, 30 Maret 2010

Drs. Mugiharjo - Kasubdin TKSD Dinas Pendidikan Kabupaten Batang

”Kedepan, Kita Harus lebih Baik Lagi”

Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) yang diselenggarakan beberapa waktu lalu oleh 533 satuan pendidikan yang terdiri dari 456 SD Negeri, 1 SD swasta, 2 MI Negeri, 73 MI swasta dan 1 SDLB di Kabupaten Batang telah usai dan membuahkan hasil yang membanggakan. Hal ini sesuai penuturan Kasubdin TKSD Dinas Pendidikan Kabupaten Batang, Drs. Mugiharjo yang disampaikan kepada tim Liputan Jurnal Pendidikan Batang Berkembang beberapa waktu lalu.

”Tujuan diadakannya UASBN adalah menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA); dan mendorong tercapainya target wajib belajar pendidikan dasar yang bermutu. Sehingga, dengan adanya UASBN ada peningkatan kualitas, dari pada perolehan hasil di SD/MI se Kabupupaten Batang”, tuturnya.

Selain itu, kegunaan hasil UASBN dipaparkan pria kelahiran 10 Juli 1963 adalah untuk Pemetaan mutu program dan/atau satuan pendidikan; Dasar seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya; Penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan; serta Dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.

”Dengan diselesaikannya UASBN yang cukup, bisa menjadi acuan bagi satuan pendidikan di Kabupaten Batang. Karena UASBN adalah nuansa wajardikdas 9 tahun. Dan ini berkelanjutan untuk masuk SMP, anak-anak lulusan SD/MI tidak usah tes, serta masing-masing standar kelulusan, dimasing-masing sekolah tidak sama”, paparnya.

Berdasar pada hasil UASBN yang baru ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Batang ke depan lebih optimis bisa mencapai hasil yang lebih memuaskan lagi. ”Karena UASBN merupakan program baru dan baru tahap penjajakan, kelemahan hanya awal-awal saja. Kita telah mengetahui kelemahan UASBN, untuk itu, kita akan lakukan persiapan sejak dini. Karena, kalau diawali lebih awal lagi, atau lebih dini, saya sakin hasilnya akan lebih optimal”, paparnya.

Untuk itu, pihaknya berharap, seluruh satuan pendidikan SD/MI di Kabupaten Batang untuk lebih mengoptimalkan persiapannya, dengan harapan agar lebih baik lagi. ”Kelas 5 naik ke kelas 6, kita siapkan lebih awal, dengan begitu, kedepan kita semakin lebih baik lagi”, pungkasnya. (tim)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar