Jumat, 26 Maret 2010

MTs Sunan Kalijaga Bawang KOMITMEN PERTAHANKAN PRESTASI


Prestasi yang selama ini telah diraih, takkan begitu saja dilepaskan. Inilah yang diungkapkan kepala MTs. Sunan Kalijaga Bawang, Sumono Edi, S.Pd.I, kepada Tim Liputan Jurnal Pendidikan, yang bertandang diruang kerjanya, beberapa waktu lalu. “Kita telah komitmen untuk tetap mempertahankan kualitas. Alhamdulillah, sejak tahun 1970 berdirinya madrasah ini, sampai dengan tahun ajaran 2006/2007 telah meluluskan 37 kali, dan dengan sistem Ujian Nasional yang semakin kompleks dan berubah-ubah mulai dari tahun ajaran 2001/2002 sampai dengan tahun pelajaran 2006/2007, sekolah kita mendapatkan prosentase kelulusan 99,9 %. Dan kita optimis untuk bisa menaikkan kembali angka prosentase itu, atau minimal mempertahankan”, tuturnya.
Menurutnya, berdasar prestasi madrasah yang dipimpinnya ini, animo masyarakat kepada sekolahnya, semakin meningkat tajam. Bahkan tiap tahunnya selalu menolak siswa. “Kepercayaan masyarakat terhadap sekolah kita semakin tahun semakin meningkat. Hal ini dikarenakan, prestasi yang telah diukir anak-anak didik kita. Dan tentunya, itu semua tak lepas dari profesionalisme dalam bekerja rekan-rekan guru. Dan kendati 1 lokal sudah diisi 48 hingga 50 anak, itupun masih menolak, karena madrasah kita menjadi pilihan utama masyarakat kecamatan Bawang dan sekitarnya. Dan saat ini, total siswa di madrasah kita mencapai 570 anak”, tuturnya bangga.
Diakui kepala sekolah yang di percaya memimpin madrasah ini sejak tahun 1999, bahwa kemajuan disekolahnya juga meningkat sangat drastis. Diantaranya, jumlah gedung yang dulunya hanya 11, sekarang menjadi 21, didukung dengan sarana dan prasarana yang sudah komplit. “Fasilitas yang tersedia di antaranya, laboratorium komputer, perpustakaan, peralatan seni marching band, studio mini (penyiaran dan musik), peralatan band, mesin jahit, sarana olah raga, koperasi siswa, alat pembelajaran, audio visual, musholla. Dan untuk studio mini, dengan maksud untuk mengembangkan bakat tiap siswa diantaranya, menyanyi, qiro'at, pidato dan wawancara, atau menjadi pembawa acara”, jelasnya.
Perlu diketahui, Sekolah yang beralamat di Jl. Sunan Kalijaga Blok II Bawang ini, telah Terakreditasi B dengan Nomor SK : KW. 114/4/PP.032/360/2006. Serta mengusung Visi sebagai madrasah yang menyiapkan dan mewujudkan insan berkualitas, berakhlakul karimah, dan bertaqwa kepada Allah SWT, dan Misi : Menyelenggarakan pendidikan agama dan umum yang berkualitas baik, serta Mencetak generasi muda yang cerdas, terampil dan bertaqwa kepada Allah SWT, serta dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya. (tim)

2 komentar: