Jumat, 26 Maret 2010

GURU ATAU KEPALA SEKOLAH BERPRESTASI LAYAK MENDAPAT TEMPAT YANG STRATEGIS


Bukan maksud untuk membuat rasa iri kepada teman-teman guru atau kepala sekolah yang belum memiliki posisi atau tempat strategis, namun, hal ini diterapkan, justru untuk “memancing” rekan-rekan guru maupun kepala sekolah, untuk bisa terpacu untuk lebih berkreasi, berinovasi, yang akhirnya akan mendapat prestasi.
Itulah gambaran yang diterapkan Kepala Cabang Dinas Kecamatan Bawang untuk merangsang dan memacu dunia pendidikan, khususnya bagi guru–guru yang ada di Kecamatan Bawang.
“Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Kecamatan Bawang, kami tidak muluk-muluk. Yang kami tekankan adalah menggalakan KKG, guru kelas dan guru agama, yang di masing-masing kegiatan ada wadahnya sendiri-sendiri. Jadi yang lebih penting, kita berdayakan seluruh elemen yang ada, sesuai dengan tupoksinya”, tutur Kepala Cabang Dinas Kecamatan Bawang, mengawali perbincangan dengan tim liputan Jurnal Pendidikan, Muhajir yang didampingi Sunarno Prihatmojo, S.Pd, kepala SD Negeri Pangempon, di sela-sela acara Pesta Siaga beberapa waktu lalu.
Lebih lanjut, Muhajir mengatakan, bahwa untuk mengantisipasi Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN), pihaknya telah melakukan persiapan. ”Untuk mengantisipasi UASBN, kami menghimbau kepada para kepala SD agar melakukan berbagai langkah, yang diantaranya, untuk melakukan penambahan jam pelajaran sore hari, dan bagi anak sekolah yang rumahnya jauh dan terhambat trasportasinya, pihak sekolah harus membantu uang trasport sesuai dengan kemampuan sekolah”, katanya.
Untuk mewujudkan peningkatan mutu pendidikan ini, lanjut Muhajir, tentunya juga tidak lepas dari adanya peran serta pegawas. “Pengawas harus menguasai tekhnis dan diharapkan bisa kreatif, dan berinisiatif, bahkan setiap tiga bulan sekali, kami minta pertanggungjawaban kepada pengawas, jadi kita tidak pernah mengkibiri pengawas”, imbuhnya.
Pihaknya berharap, agar guru di jajarannya khususnya, dan di Kabupaten Batang pada umumnya, untuk berlomba-lomba dalam hal mencapai prestasi. “Harapan saya, bagi guru yang sudah di tatar oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP, hendaknya di tularkan atau disalurkan kepada guru- guru yang lain, karena, untuk meraih prestasi tidak mungkin bisa di capai sendiri, kebersamaan adalah kuncinya. Untuk itu, marilah berlomba–lomba mencapai prestasi, demi suksesnya peningkatan mutu pendidikan. Karena bagi kepala sekolah atau guru yang berprestasi di Kecamatan Bawang ini, akan kami kasih tempat yang strategis”, tuturnya mantap. (TIM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar