Selasa, 23 Maret 2010

REFLEKSI 4 TAHUN SMK NEGERI 1 TULIS


Ada pepatah mengatakan ‘ Tak Kenal Maka tak Sayang’
SMK Negeri 1 Tulis, merupakan SMK kebanggaan masyarakat Kabupaten Batang,karena merupakan SMK negeri satu – satunya untuk Kelompok Teknologi Industri. Keberadaanya mungkin belum diketahui seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Batang, kendati sudah menempati lokasi ini kurang lebih baru 3 tahun, walau sebenarnya sudah berdiri 4 tahun 4 bulan.


SMK Negeri 1 Tulis berdiri pada tanggal 30 Juli 2003, dengan SK Bupati Batang No: 421/252/2003. SMK Negeri yang dipimpin Drs. H. Djoko Sumadyo ini awal mula berdiri masih menginduk dengan SMK Negeri 1 Batang yang berada di komplek Dracik Kampus Kota Batang dengan dua Bidang Keahlian, yakni Teknik Mesin dan Elektronika. Dimana Teknik mesin mempunyai 2 Program Keahlian yaitu Mesin Perkakas dan Mekanik Otomotif, sedang Elektronika membuka satu Program Keahlian Teknik Audio Video. Pada saat tahun pertama berdiri, sekolah ini hanya memiliki 160 siswa, dengan guru dan karyawan lebih kurang 15 personil.
Setahun sudah lamanya berada di Dracik Kampus, tepatnya pada tahun pelajaran 2004/2005 dengan fasilitas dari Pemerintah Kabupaten Batang, maka sekolah ini sudah bisa menempati Kampus baru di desa Kandeman Kec. Tulis.
Berkat bantuan dari Pemerintah Pusat, Propinsi maupun Pemkab Batang, maka saat ini SMK Negeri 1 Tulis sudah berkembang sangat pesat, serta pantas untuk mendapat acungan jempol, bahwa SMK yang baru berumur empat tahun ini sudah sederet prestasi teraih, baik dibidang Olah Raga, Seni, Keagamaan dan bidang-bidang yang lainnya. Dan yang cukup membanggakan, sekolah ini sudah Terakreditasi walau masih bernilai B, namun bisa menyamai SMK yang lahir lebih awal, bahkan pada tahun pelajaran 2006/2007, bisa meluluskan peserta Ujian Nasional hingga hampir 100 %.
Untuk mencapai SMK yang ideal, baik Sekolah Standar Nasional (SSN) maupun Sekolah Bertaraf Internasional (SBI), Sekolah yang baru saja mendapat juara ke - 4 Batang EXPO 2007, yang saat ini memiliki 9 ruang teori, 4 ruang laborat dan 3 bengkel praktek, yang menempati tanah seluas 5 hektar dengan jumlah siswa sebanyak 540 anak, yang dibagi dalam 14 rombongan belajar, 39 guru dan 19 pegawai, memang masih jauh ketinggalan, tetapi dengan kerja keras dari semua pihak, sekolah ini optimis, tidak lama lagi akan menjadi sekolah unggulan,serta tamatannya mampu bersaing, baik Regional maupun Internasional.

Diakui, Drs. H Djoko Sumadyo, yang didampingi S. Mulyono, S.Pd, Wakasek Bidang Kurikulum dan Suyanta,S.Pd, Wakasek Bidang Sarpras dan Ketenagaan bahwa, sesuai dengan Visi yang dicanangkan, untuk ”Mewujudkan Tamatan Yang Kompeten, Kompetitif dan Berakhlak Mulia”, SMK adalah Sekolah Kejuruan yang alumninya merupakan pesanan Dunia Usaha (DU) dan Dunia Industri (DI), sehingga produknya harus siap pakai, menyikapi hal itu SMK Negeri 1 Tulis yang bercita-cita menjadi Sekolah Bertaraf Internasional, telah menjalin kerjasama dengan DU/DI sesuai dengan Program Keahlian yang ada. Serta untuk menjadi sekolah yang unggul, memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena harus selalu didukung Sarana dan Prasarana yang memadai, SDM yang tangguh dan anggaran yang berpihak pada Pendidikan, pungkasnya.(Tim/3)

2 komentar:

  1. mas, bisa minta informasi tentang jurusan apa saja yang ada di smkn Tulis tahun 2011 ini?

    BalasHapus