Selasa, 23 Maret 2010

SMK NEGERI 1 BATANG GUDANG PRESTASI, DATABASE CENTER DAN PENCETAK TENAGA KERJA


Kemajuan dunia pendidikan tidak terlepas dari penguasaan ilmu dan teknologi yang didukung dengan tersedianya media pembelajaran yang memadai. SMK Negeri 1 Batang yang merupakan sekolah kejuruan yang cukup favorit di Kabupaten Batang menjadi center bagi pengembangan ICT yang berbasis internet dengan akses memadai mampu memback up kebutuhan beberapa sekolah di wilayah Kabupaten Batang
Tentunya hasil pencapaian ini tidak terlepas dari kerja keras dan peran serta seluruh staff dan pengajar yang dikepalai oleh Drs. Sugito dalam memimpin SMK Negeri 1 Batang ini.
Program yang sedang dikembangkan adalah pembuatan data base untuk media pembelajaran secara online yang penerapannya untuk menyajikan materi-materi pelajaran, serta informasi pendukung pendidikan lainnya yang tentunya harus diupayakan penyebaran program ke sekolah-sekolah yang terkoneksi yang pada akhirnya akan menambah kepercayaan masyarakat terhadap sekolah kejuruan, bahkan SMK Negeri 1 Batang ini dipercaya sebagai tuan rumah Workshop Jardiknas 2007 yang sedang diselenggarakan selama 1 bulan.
Sekolah yang menpunyai 4 (empat) kejuruan antara lain, Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Penjualan dan Tehnik Komputer dan Jaringan ini, punya segudang prestasi yang membanggakan, baik dari pendidik, maupun dari siswa itu sendiri. Mulai dari Lomba Debat bahasa Inggris, Lomba Mata pelajaran, Lomba Siswa Teladan, Lomba LKS yang selalu menjuarai ditingkat Kabupaten dan hingga masuk juara III tingkat Provinsi dan prestasi yang lainnya.
Seabreg prestasi Guru juga sering mewarnai agenda prestasi SMK Negeri 1 Batang yang diantaranya sebagai Guru Berprestasi atas nama Drs. Sujono, Drs. Karditono, Drs. Sri Rahardjo, serta Drs. Sugito sendiri pada tahun 1999.
Sekolah Menengah Kejuruan berbasis manajemen ini juga mewajibkan seluruh guru agar bisa mengoperasikan dan mempunyai keahlian komputer, dan menurut data inventaris, mulai dari komputer lama hingga baru, SMK Negeri 1 Batang mempunyai hingga 100 Unit yang seluruhnya masih bisa dioperasikan. “Guna menunjang pembelajaran, masing-masing jurusan mempunyai Laboratorium masing –masing, yang semuanya serba komputerisasi”, tutur Sugito yang pernah dikirim ke negeri Kanguru Australia pada tahun 2003 mewakili Provinsi Jawa Tengah untuk mengikuti program pertukaran guru.
Untuk melaksanakan kurikulum sebagai sekolah berbasis manajemen, SMK Negeri 1 Batang juga bekerja sama dengan berbagai instansi dalam mengadakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) atau Orientation Job Training (OJT), tergantung dengan kebutuhan masing masing jurusan. Diantaranya, dengan Supermarket dan Toko Grosir yang ada DiKabupaten Batang dan sekitarnya untuk jurusan Penjualan, BPR / BKK untuk jurusan Akuntansi, di Kantor Sekretariat Daerah untuk jurusan Administrasi, dan untuk jurusan Tehnik Komputer dan Jaringan sebagian besar dikirim ke Semarang dibagi diseluruh kantor kantor yang mempunyai jaringan komputer.
Diakui Sugito, bahwa sekolah yang dipimpinnya sangat diminati masyarakat, karena terbukti, lulusannya banyak yang sudah langsung bisa bekerja. “Sekolah kita adalah sekolah jasa. Banyak lulusan kita yang sudah terserap didunia usaha, sehingga banyak orang tua yang mempercayakan kepada kita untuk mendidik anak-anaknya agar bisa siap untuk terjun didunia usaha atau siap kerja, dan rata-rata, orang tua siswa responsip dan komitmen tinggi untuk membiayai biaya sekolah anaknya, terbukti, Laboratorium yang kita miliki, sebagian besar adalah dari mereka”, imbuhnya.
“Kendati Bantuan Pemerintah Pusat maupun Daerah sudah ada untuk sekolah kita, namun hendaknya untuk bisa ditambah atau ditingkatkan lagi, mengingat kebutuhan sekolah yang selalu bertambah terus”, harapnya. (TRIE/WIN)

1 komentar:

  1. Kalau Pak Sugito Hadisastro ini aku sangat kenal sekali. Beliau adalah kawan karibku waktu kami masih di Komunitas Pena batang. Salam buat beliau.

    BalasHapus