Rabu, 17 Maret 2010

SD Negeri Brokoh Wonotunggal Selangkah Lebih Maju

Bedjo Muljadi beserta jajarannya। Foto:तरी

SD Negeri Brokoh UPT Disdikpora kecamatan Wonotunggal, kini selangkah lebih maju. Beberapa prestasi mulai terukir dalam 4 tahun terakhir ini, baik ditingkat kecamatan, tingkat kabupaten Batang, hingga di tingkat karesidenan Pekalongan. Hal ini seperti yang disampaikan Bedjo Muljadi selaku kepala sekolah kepada tim liputan Jurnal beberapa waktu lalu.
“Untuk masalah prestasi, yang penting bisa maju. Sekolah kita, tahun kemarin dibidang Mocopat menjuarai tingkat kecamatan dan masuk ketingkat Kabupaten Batang, sedangkan untuk bidang catur bisa mencapai ke tingkat karesidenan”, tuturnya bangga.
Tak pelak, sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 130 anak ini tercatat 4 kali berturut-turut menjuarai Mocopat di tingkat kecamatan Wonotunggal dan ditingkat Kabupaten Batang 2 kali sebagai juara harapan 2.
Ditambahkan pria kelahiran Bantul, 19 September 1950 ini, bahwa saat ini pihaknya tengah memprioritaskan beberapa kegiatan ekstrakurikuler, seperti pramuka, catur dan mocopat.
“Untuk catur sudah kami biasakan pada saat jam istirahat, mulai dari kelas 1 untuk mencari bibitnya. Kendalanya, yang ahli dibidang catur untuk yang membimbing atau membina belum ada, hanya tahu secara alami atau otodidak saja”, keluhnya.
Perlu di ketahui, sekolah yang menjunjung Visi “Menciptakan lingkungan sekolah menjadi pusat belajar, berlatih berfikir dan bertaqwa, selangkah lebih maju” ini wilayahnya dilingkari oleh sekolah-sekolah terdekat. Kendala yang lain, termasuk lokasinya terpencar, faktor ekonomi masyarakat juga mempengaruhi.
“Namun ada yang kami banggakan, kini kesadaran masyarakat untuk bersekolah sudah mulai ada, bahkan sudah ada yang kuliah, sehingga ini dapat memberikan dorongan. Trik kami mendorong anak-anak agar mau melanjutkan dengan cara menahan ijazah mereka agar mau melanjutkan. Akhirnya, dengan trik semacam itu, anak-anak banyak yang melanjutkan, dan akhirnya berhasil memancing masyarakat yang lain karena sudah ada putra daerah yang berhasil”, imbuh Bedjo.
Diakhiri kepala sekolah, pihaknya dalam kesempatan ini ingin menyampaikan terimakasih kepada pemerintah yang telah membantu pihak sekolah dengan terwujudnya gedung sekolah yang sudah representative. Kedepannya, pihak pengelola SD Negeri Brokoh akan merehab rumah dinas yang sudah tidak terpakai untuk dijadikan perpustakaan.
“Kami berharap, keinginan kami ini bisa direalisasikan, karena mengingat bangunan rumah dinas yang sudah tidak terpakai serta kondisinya yang sudah rusak parah. Sehingga kami berinisiatif untuk membangun gedung perpustakaan yang akan bermanfaat bagi anak didik kami”, pungkasnya. (Trie)

Rumah Dinas yang rencananya akan dialokasikan untuk gedung Perpustakaan.Foto:Trie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar