Rabu, 17 Maret 2010

SD Negeri Sawangan 02 Gringsing TERAPKAN JAM BELAJAR MALAM


SD Negeri Sawangan 02 UPT Disdikpora Gringsing pada tahun ini menjadi pusat penyelenggaraan UASBN dari 3 sekolah, yakni SD Negeri Sawangan 01, 03 dan 02 itu sendiri. Pasalnya, saat ini kepala SD Negeri Sawangan 01 sudah purna tugas dan kepala SD Negeri Sawangan 03 saat ini sedang sakit, sehingga untuk penyelenggaran ujian dipusatkan atau menginduk di SD Negeri Sawangan 02 Gringsing. Hal ini seperti yang disampaikan Sunarto, BA selaku kepala sekolah kepada tim liputan JPBB beberapa waktu lalu.
“Tahun ini sekolah kita menjadi induk untuk penyelenggaraan UASBN di desa ini, meliputi 3 sekolah yang terdiri dari 84 peserta. Adapun persiapan yang telah kami lakukan adalah membentuk panitia dan mengikuti program-program dari Disdikpora Kabupaten Batang”, tuturnya.
Lebih jauh dikatakan pria kelahiran Sragen, 6 Mei 1954 ini, bahwa selain mempersiapkan kepanitian ujian, pihaknya juga telah melaksanakan persiapan-persiapan untuk suksesi ujian di sekolah yang dipimpinnya.
“Untuk sekolah kita, kita telah melakukan beberapa persiapan, diantaranya memberikan jam tambahan sejak semester pertama, setiap hari mulai jam 1 sampai jam 3, karena kalau sore hari, anak-anak ngaji”, jelasnya.
Menurutnya, persiapan menghadapi ujian ini bukan hanya tanggung jawab guru kelas 6 saja, sehingga pihaknya menekankan agar adanya kerjasama semua guru demi mengantar anak didik bisa sukses menghadapi ujian.
“Yang membimbing anak-anak peserta ujian bukan hanya guru kelas 6 saja, tapi kami juga melibatkan guru-guru yang lain, terutama guru mata pelajaran yang di ujiankan agar turut membantu”, paparnya.
Dalam upaya untuk menigkatkan hasil UASBN, selain menjadi tanggungjawab guru, Sunarto juga berharap agar orang tua juga turut membantu untuk mengawasi anak-anak saat belajar di rumah.
“Kami juga mengharap agar orangtua juga turut mendukung dan menjaga serta melaksanakan kesepakatan yang telah disetujui bersama, yakni mematikan televisi pada jam-jam belajar dirumah, dari pukul 7.30 hingga 8.30 malam. Ini juga berlaku untuk kelas 1 hingga kelas 6. dan kami juga menerapkan sholat malam”, imbuhnya.
Dalam penyelenggaran ujian nanti, dirinya berharap agar pelaksanaannya dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.
“Harapan kami, semoga kita bisa menyelenggarakan ujian secara baik, tertib dan lancer. Dan semoga, lulusan kita bisa diterima di sekolah-sekolah negeri dan tidak ada anak yang tertinggal, kalaupun ada, kami pasrah, yang jelas kami sudah berusaha”, pungkasnya.
Perlu diketahui, SD Negeri Sawangan 02 Gringsing juga menyelenggarakan kegiatan Ekstrakurikuler, diantaranya dibidang olah raga yakni sepakbola, voli dan karate serta marching band. Dan untuk catatan prestasi, sekolah ini juga memiliki segudang prestasi diantaranya juara III KIDs atletik, juara II Karate PA dan juara I komite PI Popda tingkat kecamatan, serta Juara III Komite PA tingkat Kabupaten Batang pada Popda tahun ini. (Trie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar