Selasa, 23 Maret 2010

SMP NEGERI 1 SUBAH UTAMAKAN KETERBUKAAN MANAJEMEN SEKOLAH


Dibangun sejak 17 Agustus 1970, SMP Negeri 1 Subah yang terletak di jalan raya Jendral Sudirman Timur Subah ini tengah melakukan pembenahan-pembenahan dalam rangka aspek pengembangan sekolah menuju kemajuan, yang sudah terangkum dalam rencana strategis (renstra) sekolah. Demikian yang disampaikan Kepala Sekolah, Bambang Sutiyono, SPd, MPd didampingi Wakasek urusan kesiswaan Subagyo Wahyono, SPd, kepada Tim Liputan Jurnal Pendidikan Batang Berkembang diruang kerjanya beberapa waktu lalu.
Beberapa pembenahan yang sedang dilakukan adalah perehaban beberapa ruang dari bantuan dekonsentrasi untuk 2 lokal kelas sebesar 80 juta dan imbal swadaya orang tua siswa sebanyak 5 juta, dan selain adanya perehaban, sekolah yang juga dipakai untuk SMP terbuka dengan 180 siswa ini, kedepan akan melakukan perluasan area yang saat ini masih dalam tahap pemerataan tanah.
”Saat ini kami hanya memiliki tanah dengan luas 2000 meter persegi yang diisi 21 ruangan diantaranya 15 ruang kelas, ruang BP, ruang KS, dan ruang Tu, sedangkan untuk standarnya, harus memiliki minimal 5000 hingga 6000 meter persegi, untuk itu, Pemda telah memenuhi permintaan kami dengan melakukan pinjam pakai tanah sebelah timur kompleks sekolah milik Dinas Kehutanan seluas 3000 meter persegi, sehingga bisa memenuhi standar minimum”, tutur Bambang yang baru diwisuda S2 Manajemen Pendidikan di Universitas Negeri Semarang ini.
Peran serta komite dan orang tua siswa, lanjut Bambang, juga sangat berperan sekali dalam upaya-upaya komunikasi, memberikan sumbangsih pemikiran, membantu koordinasi, serta membantu finansial, yang terbukti dengan berhasilnya rencana pengembangan sekolah yang masih dalam perjalanan ini, tentunya dengan keterbukaan manajemen sekolah, imbuhnya.
Sekolah yang saat ini dihuni 613 siswa, 29 Pengajar dan 10 Tata Usaha ini mendapat kepercayaan mengelola ketrampilan menjahit dan dapat kucuran bantuan dari pemerintah pusat sebesar 20 juta, serta mempunyai banyak sekali prestasi yang membanggakan, yang diantaranya Juara I lomba Olimpiade Sains Fisika, Juara II Tolak Peluru Putri, Juara II Tenis Meja Putri, Juara I Taekwondo putra tingkat Kabupaten dan Juara I Lomba Geguritan bahasa Jawa tingkat Provinsi.
Saat akhir wawancara, Bambang berharap, agar Pemerintah bisa memberi bantuan guna memenuhi kebutuhan sekolah dibidang sarana dan prasarana, guna menunjang kegiatan belajar mengajar seperti ruang Perpustakaan, Laboratorium bahasa, dan laboratorium komputer, pungkasnya. (Trie/Win)
Penyerahan Piala oleh Kepala Sekolah, Bambang Sutiyono, SPd, MPd, kepada Ritma Jayanti, yang berhasil menjuarai Lomba Geguritan Bahasa Jawa tingkat Jawa Tengah (Foto : Dok. SMP 1 Subah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar