Rabu, 19 Mei 2010

SMP NEGERI 1 BANDAR TERAPKAN PROGRAM PAS



Sebagai kado Hari jadi Kabupaten Batang yang ke 43 tahun, SMP Negeri 1 Bandar memberikan kado istimewa berupa peningkatan pelayanan kepada masyarakat melalui program PAS (Paket Aplikasi Sekolah).
Selama kepemimpinan Rusdiyanto Citrowibowo, S.Pd sejak tahun 2005 lalu, SMP Negeri 1 Bandar memang selalu memberikan warna dan perubahan tersendiri. Bagaimana tidak, sekolah ini selalu meningkat prestasinya, baik prestasi akademik dan non akademik, dan terbukti sekolah ini bisa meraih peringkat ke-2 di Kabupaten Batang dan beberapa kali mampu meraih 100 % prosentase kelulusannya sejak masa kepemimpinannya, yang pada akhirnya, ditahun kedua sekolah ini juga dinobatkan sebagai Sekolah Standar Nasional (SSN).

Pun yang terjadi pada akhir Februari lalu, sekolah ini telah melakukan gebrakan baru, yang memang baru satu-satunya di Kabupaten Batang, yakni menerapkan program PAS atau Paket Aplikasi Sekolah yang selama ini baru diterapkan disekolah sekolah bertaraf internasional.

Menurut pria kelahiran 12 Agustus 1957 ini, bahwa program PAS dilaksanakan sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat, terutama bagi orang tua siswa untuk mengetahui informasi-informasi yang ada disekolah melalui SMS. “Saat ini, program PAS masih dalam tahap pengembangan. Kedepan, kami akan mempermudah masyarakat untuk mengetahui informasi-informasi yang kami sajikan, yang diantaranya untuk mengetahui jumlah ketidakhadiran siswa per bulan baik status IJIN, SAKIT dan ALPA; dengan cara mengetik ABS , dan dikirimkan melalui nomor 085641647458 dengan tarif normal”, jelasnya.

Kedepannya, lanjut Rusdiyanto, masyarakat juga bisa mengetahui informasi-informasi lainnya yakni informasi tentang penerimaan siswa baru dengan mengetik PSB , dengan tujuan memeriksa diterima/tidaknya nomor_calon_siswa yang dikirimkan; kemudian UNMAX, untuk menampilkan nilai Ujian Nasional Maksimal; UNMIN, untuk menampilkan nilai Ujian Nasional Minimal; PASS, untuk menampilkan Passing grade dalam penerimaan siswa baru; BP3 , untuk mengetahui tanggal dan jumlah pembayaran BP3 terakhir yang siswa lakukan; WALI , untuk mengetahui nama wali kelas dan NIP di tingkat, program pengajaran/jurusan dan rombongan belajar (rombel) tertentu; HADIR , untuk mengetahui ketidakhadiran siswa yang terakhir yang tercacat; STS_SISWA , untuk mengetahui status siswa pada tahun ajaran aktif; dan NILAI , untuk mengetahui 3 nilai siswa per jenis tagihan terakhir yang tercatat.

Diakui Rusdiyanto, kemantapannya memakai program ini dikarenakan program ini merupakan program yang telah diaplikasikan pada sekolah-sekolah SBI. “Kami melihat program ini diterapkan pada sekolah SBI, dan kemudian kami menindaklanjuti dengan melakukan studi banding ke SMP Negeri 1 Malang yang notabene berstatus SBI. Dan untuk menjalankan dan menangani program ini, kami telah memiliki tenaga-tenaga muda yang berpotensi. Namun sayangnya, kami masih membutuhkan beberapa pengembangan lagi, diantaranya Absensi Digital, karena kalau kita masih pakai manual, kita masih melakukan penghitungan dan melakukan entri tiap hari, tapi kalau pakai digital kita bisa melaksanakan per mata pelajaran, sehingga bisa meningkatkan kedisiplinan, baik siswa maupun gurunya”, papar ketua MKKS SMP Kabupaten Batang ini.

Pihaknya berharap, program sekolah untuk maju ini bisa didukung oleh pemerintah daerah dan bisa diterapkan disekolah sekolah lainnya di Kabupaten Batang. “Melalui program ini, kita bisa memberikan pelayanan secara moderen menggunakan tekhnologi informatika. Untuk itu kami mohon dukungan dari pemda agar kemajuan pendidikan di Kabupaten Batang ini bisa terwujud, dan hendaknya semua sekolah bisa menerapkan program ini, sehingga kita bisa meningkatkan pendidikan di Kabupaten Batang, toh biayanya tidak mahal”, harapnya.

Selain program PAS yang tengah dilakukan pengembangan, SMP Negeri 1 Bandar juga mempunyai beberapa program menuju peningkatan kualitas lainnya, yang diantaranya penyelenggaraan Manajemen qolbu yang dilaksanakan setiap hari senin, penghargaan bagi yang berprestasi, menerapkan iptek kepada guru-guru, dan rencananya akan mengadakan kursus bahasa Inggris untuk guru-guru serta akan dicanangkan Engglish Day disekolah ini. (Trie)

2 komentar:

  1. aku lulusan SMPN 1 Bandar tahun 2006/2007 ,
    mungkin kurang lebih selama 1 1/2 tahun masa pemimpin Bpk.Rusdiyanto Citrowibowo, S.Pd memang Beliau orangnya sangat disiplin, ditangan beliau SMP banyak mengalami kemajuan ..
    its Good deh,,,selalu berkembang dan Maju baik prestasi akademik maupun non akademik...!!^__^
    kangen nie ma gedung gedung SMP :) sekarg udah bagus bangeeetttt ..:)

    BalasHapus
  2. Wah...tambah maju dan berkembang aja,saya semakin bangga menjadi alumni SMP N 1 Bandar, kalo kata indro warkop "kompor gas"
    (Andriy alumni angkatan 2006/2007)

    BalasHapus