Selasa, 15 Maret 2011

SMP NEGERI 3 BAWANG PEDULI LINGKUNGAN SEKITAR

Pada umumnya kegiatan MOS (Masa Orientasi Siswa) di tingkat pendidikan menengah pertama dan menengah atas hanya diselenggarakan disekitar lingkungan sekolah saja. Berbeda dengan program yang dimiliki oleh pihak SMP Negeri 03 Bawang Kabupaten Batang kali ini. Masa Orientasi Siswa kali ini diselenggarakan dilingkungan sekolah dan di luar lingkungan sekolah, yakni mereka berbaur dengan masyarakat, membantu masyarakat untuk ikut bergotong royong dalam kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat.

Dijumpai disela-selakegiatan, Juandoyo S.Pd selaku Kepala sekolah SMP Negeri 03 Bawang mengatakan, bahwa tingkat rasa peduli terhadap lingkungan ini sengaja ditanamkan oleh pihak sekolah terhadap anak-anak didik mereka, agar anak-anak senantiasa selalu dekat dengan masyarakat. Tak luput dari itu, masyarakat sekitar adalah merupakan mitra pihak sekolah.

“Seiring oleh laju perputaran waktu, SMP Negeri 03 Bawang berupaya lebih mengedepankan kedekatannya dengan masyarakat, karena selain sebagai mitra juga merupakan tempat dimana para siswa-siswi dapat mengamalkan serta mempraktikkan ilmu yang telah mereka dapatkan selama mereka duduk ditingkat pendidikan sekolah menengah pertama” jelasnya.

Seperti kita ketahui bersama, bahwa tiap-tiap sekolah mempunyai program yang berbeda-beda walaupun tujuannya sama – sama mencerdaskan kehidupan bangsa, mencetak generasi penerus perjuangan bangsa melalui pendidikan. Sesuai dengan tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan mengacu pada tujuan umum pendidikan dasar, yaitu meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, keterampilan untuk hidup mandiri, serta mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Kegiatan yang dilakukan oleh siswa-siswi juga tidak terlepas dari misi program pendidikan sekolah tersebut, yaitu menumbuhkembangkan kepedulian dan kepekaan sosial dalam lingkungan sekolah dan masyarakat.

“Sekolah selain sebagai tempat dalam menimba ilmu bagi para anak didik, juga merupakan sebagai tempat dimana mereka dapat belajar mengembangkan bakat dan minat mereka sesuai dengan minat yang mereka senangi”,imbuhnya.

Sekolah yang merupakan sekolah baru, yang berusia kurang lebih 10 tahun dan lokasinya berada ditingkat pinggiran desa kecamatan Bawang ini tidak membuat para tenaga pengajar dan siswa didik putus harapan, namun hingga saat ini sudah membuktikan bahwa sekolah ini juga mampu berprestasi hingga tingkat Kabupaten terlebih pernah meraih juara I di tingkat kabupaten.

“Dalam kegiatan POPDA tahun 2010 ini, sekolah kita sudah pernah menorehkan prestasi, yakni meraih Juara I Lari Putri 100 meter, atas nama Puji Listiana, dan bukan hanya itu, prestasi yang lain juga sangat mengesankan adalah juara II Story Telling di tingkat Kabupaten Batang”, paparnya. (Arviant/Trie)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar