Minggu, 24 April 2011

DINAMIKA BLKS SEKAR BUMI

"DARI BLKS MENUJU SMK"


Disebuah desa terdapat sebuah gedung berwarna pink dengan pagar setinggi 2 meter tepatnya di Jl. Plelen – Ketanggan Desa Sawangan Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang Jawa Tengah berdiri BLKS (Balai Latihan Kerja Santri), BLKS berdiri dibawah naungan Yayasan Sekar Bumi.

Yayasan Sekar Bumi adalah Yayasan yang bergerak di bidang sosial keagamaan dan pendidikan bersifat sosial non-profit (tidak mencari keuntungan), Yayasan Sekar Bumi didirikan dan diprakarsai oleh Drs.H.M. Ichwan Sam, beliau adalah seorang pemuka masyarakat yang saat ini tinggal di Jakarta. Kegiatan yang sudah dilakukan Yayasan Sekar Bumi yaitu Santunan Yatim Piatu dan fakir miskin yang diadakan setiap tahun, Pelatihan Perkoperasian Syari’ah, Sosialisasi, Perbankan Syariah bekerja sama dengan Bank Mandiri Syariah, Majlis Ta’lim Takhasus Pimpinan Organisasi Kecamatan Gringsing dan sekitarnya,

Yayasan Sekar Bumi juga mendirikan Balai Latihan Kerja Santri (BLKS), di BLKS ada 15 Pelatihan yang sudah diberikan kepada para santri, lulusan Madrasah Aliyah dan anak-anak muda yang kurang mampu diantara pelatihan tersebut adalah pelatihan Teknisi Handphone, Teknisi Komputer, Menjahit/Tata Busana, Tata Boga, Tata Rias, Teknik Pengelasan, Teknik Otomotif, Teknik Sablon, Teknik Bangunan, Budidaya Jamur, Budidaya Lebah Madu, Teknik Crome, Teknik Pengecatan dll, yang diikuti oleh hampir 1000 peserta dari 7 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah yaitu Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal dan Temanggung.

Visi dari balai latihan kerja Santri ini adalah terciptanya potensi calon tenaga kerja yang berpengetahuan, terampil, produktif, kompeten serta memiliki daya saing dalam pasar kerja. sedangkan Misinya meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga kerja, menguragi pengangguran, menciptakan kemandirian para lulusan Madrasah /santri, pemuda pedesaan dengan kualitas kerja yang terarah.

Fasilitas yang sudah dimiliki BLKS ini yakni ruang pelatihan dan tempat praktek, asrama/akomodasi, peralatan sesuai program pelatihan Instruktur yang berkompeten, Kurikulum pelatihan yang terpadu, Olahraga dan olah batin, serta Sertifikat tanda lulus.

Ketua Pelaksana BLKS Sekar Bumi Ahmad Fathoni, BA ketika dijumpai diruangannya mengatakan, bahwa dalam pelatihan yang diajarkan di BLKS ini merupakan pelatihan terpadu.

“Yaitu perpaduan antara ketrampilan umum dan pengetahuan keagamaan, dimana pada siang hari diberikan pelatihan ketrampilan umum sesuai bidangnya dan pada malam hari diberikan pengetahuan tentang keagamaan, hal ini merupakan perpaduan antara IPTEK dan IMTAQ sehingga akan menciptakan sumber daya manusia yang terampil dan memiliki keimanan dan ketakwaan sehingga akan mewujudkan pribadi yang jujur, loyal serta suka bekerja keras dan memiliki tanggungjawab yang tinggi sesuai harapan kami”, katanya.

Ditambahkan pria kelahiran Batang, 15 November 1957 ini, bahwa dalam kesempatan ini, pihaknya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang selama ini ikut serta memberikan sumbangsih kepada para generasi bangsa agar memiliki ketrampilan untuk mensejahterakan dirinya agar tidak terjerumus dalam lubang penganguran yang selama ini menjadi buah bibir masyarakat.

“Kami juga mengajak kepada para calon donatur yang berkeinginan membantu generasi bangsa ini agar mampu memiliki ketrampilan, sehingga bisa membekali dirinya untuk masa depannya nanti”, imbuhnya.

Dijelaskan Ahmad Fathoni, bahwa perusahaan yang pernah bekerjasama dengan BLKS ini adalah PT. Bakrie Telecom Tbk, yang mana perusahaan tersebut telah membiayai seluruh rangkaian pelatihan yang ada, yaitu 15 pelatihan dengan peserta 600 orang dari 7 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

“Ini menunjukkan bahwa masih ada Perusahaan swasta yang peduli dengan nasib bangsa ini, karena generasi muda adalah penerus bangsa yang harus memiliki ketrampilan, pengetahuan, dan memiliki pengetahuan keagamaan sebagai benteng dalam rangka menjadi manusia yang sukses didunia maupun diakhirat kelak, untuk itulah kami dari pihak Yayasan Sekar Bumi mengajak para dermawan, baik pengusaha maupun birokrat untuk peduli kepada nasib bangsa ini, salah satu cara untuk mewujudkanya marilah kita bantu para pemuda, lulusan SMA maupun Madrasah dan Santri untuk mendapatkan ketrampilan-ketampilan yang di butuhkan dalam dunia kerja agar mereka bisa sejahtera dan terhindar dari belenggu pengangguran”, ajaknya.

BLKS Menuju SMK

Sejak didirikannya Balai Latihan Kerja Santri ini pada tahun 2006, BLKS sudah melaksanakan 15 macam pelatihan. Dalam perkembangannya selama ini, banyak masukan dari masyarakat agar BLKS yang notabene sarana dan prasarana pendukungnya sudah ada, bisa menjadi satuan pendidikan berupa Sekolah Menengah Kejuruan.

“Karena dorongan dari masyarakat dan didukung dengan kelengkapan sarana prasarana yang ada, dari pihak yayasan menyetui, untuk tahun ini akan membuka pendaftaran siswa baru untuk SMK Sekar Bumi dengan 2 jurusan, yakni jurusan Tekhnik Kendaraan Ringan Karoseri dan Tekhnik Komputer Jaringan”, jelas Fatoni.

Selain adanya dorongan masyarakat dan persetujuan dari yayasan untuk mendirikan SMK, juga ada factor utama yang merupakan faktor eksternal, bahwa di kecamatan Gringsing sendiri belum ada SMK.

“Sehingga mendorong kami untuk mendirikan SMK Sekar Bumi ini. Bahkan sudah ada pendaftar yang masuk, sekitar 40 anak”, imbuhnya.

text-indent:18.0pt">Akhmad Fatoni, BA selaku wakasek di SMK ini yang didapingi Iktavarif, SIP selaku Kabag TU mewakili Zulfikar Ulia, M.Si selaku kepala sekolah berharap, agar kedepannya lulusan SMK Sekar Bumi mampu bersaing didunia kerja yang semakin kompetitif.

“Harapan dari SMK Sekar Bumi adalah kedepannya siswa dapat memiliki kemampuan, baik di bidang otomotif maupun tekhnogi, komputer pada khususnya untuk dapat menghadapi persaingan dunia kerja yang semakin tinggi”, pungkasnya.(Trie)

1 komentar:

  1. Drs.H.M. Ichwan Sam, sodara ane nih gan selain anggota DPR beliau juga sekjen MUI

    BalasHapus