Jumat, 26 Maret 2010

SD NEGERI CEPAGAN 01 WARUNGASEM PELESTARIAN SEKOLAH CAGAR BUDAYA INDONESIA


Kemajuan suatu bangsa tidak terlepas dari peradaban yang dimilikinya. Penghargaan yang tinggi akan nilai sejarah dan budaya yang dimilikinya akan membentuk karakter dan citra manusia yang ada dalam suatu bangsa. Salah satunya adalah penghargaan terhadap peninggalan dan tempat yang bersejarah dalam proses pembentukan Negara terutama bidang pendidikan. Kalau kita serius mau menata dan melestarikan segala bentuk dan unsur pendukung budaya, serta sejarah yang ada didalamnya, berarti kita juga mau menjadi manusia yang beradab.
Di desa cepagan kecamatan Warungasem Batang, telah berdiri bangunan yang sangat bersejarah dan monumental sejak tahun 1925 M, atau sebelum jaman kemerdekaan berupa sekolah dasar yang hingga kini masih terjaga dan unik adanya. Sejak berdiri hingga sekarang, hampir sebagian besar sarana dan prasarana pembelajaran dan gedung yang di gunakan sangat terjaga dan terawat keaslianya.
Sekolah Dasar Negeri Cepagan 01 Warungasem Batang yang berdiri sejak jaman perjuangan ini memegang peranan yang sangat penting dalam mendidik dan mempersiapakan kader-kader bangsa yang terdidik dan pandai dalam memperjuangkan kemerdekaan yang sekaligus megisinya. Sebagai sekolah dasar yang mempunyai nilai sejarah SD Negeri Cepagan 01 selayaknya ditetapkan sebagai warisan budaya bangsa yang harus dilindungi dan di lestarikan.
“Kami merencanakan, bangunan utama yang ada akan kami pertahankan sampai kapanpun selama bumi pertiwi ini masih ada, yang arahnya kedepan akan kami gunakan untuk ruang pendidikan dan sekaligus sebagai ruang pertemuan serbaguna KKG” jelas Supri Irianto . S.Pd, selaku kepala sekolah SD Negeri Cepagan 01 Warungasem Batang.
Sekalipun dengan gedung sekolah yang tua, tak berarti pencapaian prestasi sekolah baik akademik maupun non akademik juga ketinggalan dengan sekolah lainya. Hal ini terbukti dengan diraihnya berbagai penghargaan yang telah di dapat, diantaranya adalah juara pada bidang seni dan olah raga seperti juara Drum band dan Karawitan, yang selama ini sudah di dukung alat-alat gamelan yang lengkap disekolah, dan pernah menjuarai lomba tidak hanya pada tingkat kabupaten semata tetapi juga hingga pada tingkat propinsi jawa tengah.
“Kami semua punya komitmen, disamping untuk berprestasi yang juga sekaligus berupaya untuk melestarikan nilai-nilai pendidikan yang masih perlu di tanamkan pada peserta didik kami sebagai bentuk pemahaman nilai-nilai budaya yang mencerminkan kepribadian bangsa “ ujar Supri Irianto.
Untuk itu, lanjut supriyanto, seyogyanya pemerintah dalam hal ini dinas pendidikan dapat merespon niat baik sekolah, sebagai penjaga budaya bangsa, dengan tujuan sebagai warisan budaya bagi anak cucu, dengan tidak membiarkan tangan-tangan jahil untuk merusak dam memanfaatkan asset bangsa demi kepentingan pribadi, pungkasnya. (TIM)

1 komentar:

  1. Teruskan menjaga budaya yang ada di Sekolah saya siap menjaga dan melestarikan.

    BalasHapus