Kamis, 25 Maret 2010

H. Sukantar S.Pd : “BEKERJA JANGAN KARENA APA DAN SIAPA”

Dalam melaksanakan pekerjaan, hendaknya jangan dikarenakan apa dan siapa. Hal ini yang ditekankan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Cabang Gringsing, H. Sukantar S.Pd, kepada jajarannya. Karena menurutnya, kerja adalah tanggung jawab moral.

”Persiapan menghadapi ujian nanti, dituntut kerja yang maksimal dari berbagai pihak, guna mencapai hasil yang maksimal pula. Hal ini sudah kami sosialiasaikan kepada segenap pendidik di Kecamatan Gringsing, baik melalui rapat maupun kunjungan ke sekolah. Dan sudah kami terapkan kepada jajaran kami untuk bisa mengefektifkan jam kerja, bekerja agar tepat waktu, dan menambah waktu belajar bagi siswa, serta pengayaan untuk semua guru, dan memperbanyak Try Out”, tutur pria kelahiran 7 juni 1952 ini.

Lebih lanjut H. Sukantar mengatakan, Kegagalan ditahun-tahun sebelumnya harus segera diatasi, dan prestasi-pestasi yang telah ada hendaknya untuk bisa ditingkatkan. ”selain kami tekankan kepada jajaran kami untuk mensukseskan ujian nanti, kami juga menghimbau kepada masyarakat melalui komite, baik disekolah maupun diforum kecamatan, untuk memberi motivasi kepada guru dan murid-muridnya, agar guru dan murid bersemangat dalam mengahadapi ujian nanti, karena peranan masyarakat juga sangat diperlukan dalam hal ini, terlebih lagi, peranan untuk melakukan pengawasan kepada anak-anaknya untuk melakukan belajar dirumah”, imbuhnya.

Kecamatan di Kabupaten Batang yang berbatasan dengan kabupaten Kendal ini menurut H. Sukantar banyak sekali potensinya di bidang olahraga dan seni. Untuk itu, guna melakukan persiapan mengikuti kegiatan POPDA, yang tahun kemarin kecamatan ini mendapatkan 10 emas dan menjadi juara umum, untuk tahun ini persiapan lebih dimatangkan. ”kita serahkan semua kepada sekolah masing-masing untuk menyeleksi anak-anak yang akan diberangkatkan ke Kabupaten, dan penyeleksian sudah dilakukan sejak ajaran baru atau awal tahun, yang diselenggarakan oleh sekolah masing-masing”, tuturnya.

Diakui pria asli kota gudeg Jogja ini, bahwa semua program kerja dibawah komandonya hampir semuanya berjalan, termasuk adanya 65 kelompok Keaksaraan Fungsional (KF). ”semuanya berkat kerja keras dari para guru atau tutor, serta kerjasama yang baik dari Kepala Desa masing-masing, dan kami selalu memberi motivasi. Namun, untuk wilayah Kecamatan Gringsing ini, ketenagaan kurang. Pengawas TKSD Cuma 1 personil untuk 35 SD dan 16 TK, sehingga harus kerja ekstra, tetapi semuanya bisa berjalan dengan baik, walaupun mengeluarkan tenaga ekstra. Yang pasti, kami selalu menekankan kepada jajaran kami tentang arti bekerja yang harus didasari keikhlasan dan tanggung jawab moral, dikembalikan pada hati nurani, ”bekerja jangan karena apa atau siapa””, tuturnya.

Menghadapi ujian nanti, H. Sukantar berharap kepada seluruh siswa, memanfaatkan waktu dengan baik untuk belajar, baik dirumah maupun disekolah, memperbanyak literatur, dan membaca buku, serta kepada wali murid dimohon untuk membantu mengawasi siswa atau anak-anaknya untuk belajar secara rutin.(TIM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar