Selasa, 30 Maret 2010

PERAN KEPALA SEKOLAH DASAR

Oleh : Yuli Wintarno, S.Pd *)

Diantara pemimpin pendidikan yang bermacam-macam jenis dan tingkatannya, Kepala Sekolah Dasar merupakan pemimpin satuan pendidikan yang sangat penting, karena merupakan nahkoda yang menentukan kemana arah dan target yang harus dicapai. Kepala sekolah paling bertanggung jawab dengan pelaksanaan program pendidikan disekolahnya. Ketercapaian tujuan pendidikan sangat tergantung pada kecakapan dan kebijaksanaannya. Kepala sekolah merupakan seorang pejabat yang dituntut profesional dalam memimpin dan harus bisa berperan ”memberdayakan semua komponen pendidikan”, baik yang berupa fisik maupun non fisik.
Kinerja kepala sekolah harus sinergi dengan para guru, pegawai sekolah, komite dan masyarakat dalam mendidik siswa, agar tercapai visi, misi serta program sekolahnya. Program pendidikan secara nasional diatur oleh pemerintah, namun peran dan aktifitas kepala sekolah sangat menentukan keberhasilan sekolah yang dipimpinnya. Kepala sekolah merupakan kunci kesuksesan dalam mengadakan perubahan, sehingga kegiatan meningkatkan dan memperbaiki program serta proses pembelajaran disekolah sebagian besar terletak pada diri kepala sekolah itu sendiri.
Peran dan tanggung jawab kepala sekolah dasar cukup berat, namun apabila dilaksanakan dengan penuh dedikasi dan semangat, akan terbentuk rasa suatu tantangan pekerjaan yang mengasyikan. Peran tersebut antara lain ;
• Peran kepala sekolah sebagai manajer dituntut mampu mengadakan prediksi masa depan sekolah, misalnya tentang kualitas yang diinginkan masyarakat, melakukan inovasi dengan mengambil inisiatif dan kegiatan-kegiatan yang kreatif untuk kemajuan sekolah, menciptakan strategi atau kebijakan, baik perencanaan, maupun operasionalnya, dan melakukan pengendalian atau kontrol terhadap pelaksanaan pendidikan dan hasilnya.
• Peran kepala sekolah sebagai pemimpin sekolah memiliki tanggung jawab menggerakan seluruh sumberdaya yang ada disekolah, sehingga melahirkan etos kerja dan produktifitas yang tinggi dalam mencapai tujuan. Maka, figur kepala sekolah harus berkepribadian yang kuat, percaya diri, berani, bersemangat, murah hati dan memiliki kepekaan sosial. Kepala sekolah harus memahami tujuan pendidikan dengan baik, serta menemukan strategi yang tepat untuk mencapainya. Pengetahuan yang luas tentang bidang tugasnya seperti ; menyusun jadwal pelajaran dan mengembangkan konsep pengembangan sekolah, mampu memberdayakan guru-guru untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan baik, lancar dan produktif. Kepala sekolah juga harus mampu menjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat aga ikut berperan serta dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.
• Peran kepala sekolah sebagai administrator dalam satuan pendidikannya harus bisa melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, pengawasan, pengelolaan seperti kurikulum pengajaran, kepegawaian, kesiswaan, kantor, perlengkapan, keuangan, sarana dan prasarana, hubungan sekolah dengan masyarakat.
• Peran kepala sekolah sebagai supervisor sekolah adalah usaha memberi layanan kepada para guru, baik secara individual maupun secara kelompok dalam usaha memperbaiki dan mengembangkan situasi belajar mengajar dengan tujuan antara lain ; menciptakan, memperbaiki dan memelihara organisasi kelas agar siswa dapat mengembangkan minat, bakat dan kemampuan secara optimal.
• Peran kepala sekolah yang tidak kalah pentingnya adalah, kepala sekolah juga harus sebagai; inovator (pembaharu), motivator (pembangkit semangat), educator (pendidik), figurehead (simbol), spokesmen (juru bicara), disturbance handler (menangani gangguan), negotiator (perunding), entrepreneur (wiraswasta).
Kepada kepala sekolah dasar khususnya, penulis mengajak mari jiwa raga kita perankan / abdikan dengan ikhlas, bersemangat, kreatif, inovatif dan selalu mengikuti perubahan dan perkembangan jaman agar tercapai pendidikan yang diinginkan semua pihak.

*) Penulis adalah Kepala SDN Gumawang 02
Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Pecalungan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar