Rabu, 24 Maret 2010

PROYEK JEMBATAN GANTUNG TERHENTI 20 % SISWA SMP NEGERI 4 GRINGSING TERANCAM



Demi mengenyam sebuah pendidikan, sebanyak 20 % siswa dari SMP Negeri 4 Gringsing yang dari Kabupaten Kendal, rela mempertaruhkan nyawanya. Bagaimana tidak, bila saat menyeberangi jembatan kereta api hendak menuju ke sekolah berpapasan dengan pemilik jalan tersebut.
Hal ini terungkap, saat Tim Liputan Jurnal Pendidikan Batang Berkembang, bertandang ke sekolah tersebut, beberapa waktu lalu. Ketika dikonfirmasi, Kepala Sekolah, Hadi Purnomo, S.Pd, melalui Wakasek, Yuni Wulandari S.Pd, didampingi Son Hanaris, S.Pd dan M. Abdul Ghofur, S.Pd, membenarkan hal tersebut. ”Sebanyak 20 siswa kami memang dari Kabupaten Kendal, dan saat ini, untuk menuju ke sekolah, mereka harus melewati rel Kereta api, karena enggan naik kapal penyebrangan, yang dikarenakan debet sungai Kalikuto yang tinggi, sehingga mereka takut”, tutur Ghofur.
Lebih lanjut, Ghofur mengatakan, pihak sekolah merasa khawatir, karena di perlintasan kereta api itu, sudah banyak menelan korban. “Kita sudah berusaha merintis kembali pembangunan jembatan, dibantu swadaya dengan masyarakat untuk membangun jembatan gantung. Namun karena keterbatasan dana, sementara waktu proyek ini terhenti, dan 2 tahun yang lalu, sudah pernah di survey oleh wakil bupati, dan dijanjikan akan dibantu, namun hingga sekarang, belum ada realisasinya, padahal kita sudah mengajukan proposal”, imbuhnya.
Sekolah dengan 485 siswa, dan telah terakreditasi A dengan nilai 80, 78 ini, kendati masih muda, dan baru dibangun pada tahun 1998, telah memiliki banyak sekali prestasi ditingkat Kabupaten, yang diantaranya Juara I Sekolah Sehat, Juara II Lomba Perpustakaan, dan Juara I Putra dan Putri Senam Artistik, Juara I Tolak Peluru, serta Juara III Lari 1500 meter dalam Popda Kabupaten 2007 lalu, namun, kelengkapan sarana prasarana sekolah, masih ada yang belum terpenuhi, yakni laboratorium bahasa, dan laboratoriun fisika kimia.
“Kami berharap, pemerintah bisa lebih memperhatikan kebutuhan kami yang sangat mendesak ini, yakni memberikan bantuan untuk menyelesaikan bangunan jembatan gantung yang sudah kami prakasai dengan masyarakat, sehingga apa yang dicita-citakan pemerintah untuk mencerdaskan anak-anak bangsa bisa terealisasi”, pungkasnya.(Tim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar