Rabu, 24 Maret 2010

Suprapto, S.Pd - Kades Juragan - Kandeman Peningkatan SDM warga, jadi program kerja membangun desa


Terlahir dengan basic seorang pendidik di SMP Negeri 2 Tulis, Kepala Desa Juragan, Kecamatan Kandeman, Suprapto, S.Pd, baru-baru ini kepada Tim Liputan Jurnal Pendidikan Batang Berkembang, mengatakan, akan mengikutsertakan pendidikan, sebagai bagian dari program kerjanya, dalam masa jabatannya nanti.
Dikatakan Suprapto, bahwa di Desa Juragan yang kini dipimpinnya, ada pedukuhan yang terisolir, yakni dukuh Grugak, kendati disana ada 140 rumah, dan banyak anak usia sekolah, namun belum ada fasilitas pendidikannya. Dan saat ini, di Desa Juragan hanya ada 1 Sekolah Dasar dan 1 Madrasah Ibtidaiyah yang lokasinya sulit dijangkau oleh warga dukuh tersebut.
“Rencananya, kami akan mendirikan unit sekolah dasar baru, namun setelah kami berkoordinasi dengan pengelola MI, mereka menyatakan siap untuk mengadakan sekolah jarak jauh, dengan membagi pengajarnya, ke Dukuh Grugak, dan untuk sementara, karena belum ada gedungnya, kami memanfaatkan TPQ yang ada di Dukuh tersebut”, tuturnya.
Kedepan, lanjut Suprapto, yang juga pengajar Matematika di SMP Negeri 2 Tulis ini mengatakan, pihaknya juga akan mengadakan SMP Terbuka, dan akan mendatangkan Tutor, bila perlu akan terjun sendiri ikut mengajar. “Keberhasilan pembangunan tidak hanya merealisasikan pembangunan fisik saja, namun juga pembangunan sumber daya manusianya. Karena kalau Desa ingin maju, pendidikan harus maju, dengan demikian sumber daya manusianya akan terbangun. Dan kalau hanya membangun sarana dan prasarana, dalam hitungan tahun mungkin akan rusak, namun bila membangun SDM pasti akan bermanfaat, pungkasnya.(Tim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar