Selasa, 23 Maret 2010

SD Negeri 01 Gringsing Bak Buah Durian

Sugihardjo, AmaPd

Buah durian, nampaknya pas untuk mengibaratkan sebuah sekolah dasar yang ada di Kecamatan Gringsing ini. Dari bangunan yang sudah berumur hampir 100 tahun ini, yang berdiri sejak tahun 1912, ternyata banyak sekali prestasi-prestasi siswa yang tercetak disekolah ini. Bahkan, kendati dalam 1 Desa ada 3 SD dan 1 MI, namun karena melihat mutu, banyak yang masuk ke SD ini, dan hingga dari Desa lain.
Kepala Sekolah, Sugihardjo, AmaPd, ketika ditemui tim Liputan Jurnal Pendidikan mengatakan, untuk urusan prestasi, SD Negeri 01 Gringsing selalu unjuk Gigi ditingkat kecamatan, tingkat Kabupaten, dan tingkat Karesidenan selalu masuk. Bahkan banyak yang sampai ke tingkat Provinsi. “Prestasi andalan sekolah kami adalah Tenis Meja dan Seni Tari”, tuturnya.
Sekolah yang sudah terakreditasi B dengan total siswa 206 anak ini mengaku, partisipasi masyarakat sangat bagus mengenai pendidikan. “Kami sangat setuju dengan adanya Komite sekolah, karena bisa membantu mengadakan sarana prasarana sekolah, dan disekolah kami, peran komite sekolah sangat berperan, terbukti dengan adanya 1unit Komputer, yang rencananya akan dijadikan program mulok”, terangnya.
“Kendala kami adalah, sebagai SD Inti, sekolah kami dijadikan tempat kegiatan-kegiatan SD Imbas, namun sarana tidak medukung, yang antara lain gedung KKG belum ada. Dan untuk peningkatan mutu, sarana prasarana yang lain juga masih sangat diperlukan, yang diantaranya gedung Perpustakaan, mebeler yang masih kurang dan masih banyak yang peninggalan kuno, ruang kelas belum ideal, ukuran 5X7 dan 6X7 padahal idealnya 7X7. dan selama ini untuk permohonan rehabilitasi sudah diajukan, namun belum ada tanggapan”, pungkasnya.(Tim)
Gedung Peninggalan Jaman Belanda yang memerlukan sentuhan rehabilitasi. (Foto:Trie)
Mbeler Peninggalan Belanda yang masih di pakai untuk belajar siswa.(Foto:Trie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar