Jumat, 26 Maret 2010

SD NEGERI BAKALAN KANDEMAN TERAPKAN MANAJEMEN SEKOLAH SYSTEM ONLINE


Dengan visi Unggul dalam prestasi berdasarkan Iman dan Taqwa, Penyelenggaraan pendidikan pada tingkat dasar untuk memberi bekal pengetahuan dan ketrampilan dasar dalam berbagai bidang ilmu untuk di kembangkan dan di perdalam pada jenjang pendidikan diatasnya, dengan mengedepankan penguasaan akan ilmu dan tehnologi.
Kemajuan ilmu dan tehnologi sebagai hasil proses perkembangan jaman menuntut semua lini kehidupan harus berusaha mengikutinya agar tidak ketinggalan dengan kebutuhan akan perkembangan jaman termasuk dunia pendidikan khususnya di kabupaten Batang yang notabene memiliki infrastruktur yang memadai, untuk selalu relefan menjawab tantangan jaman.
Untuk itulah SD Negeri Bakalan kecamatan Kandeman berupaya untuk selalu meng-up-date perkembangan ilmu dan tehnologi dengan salah satu bentuk program pendukungan adalah dengan menerapkan Sistem operasional manajemen sekolah berbasis online terutama pada pengembangan dan penyediaan data meliputi bidang perpustakaan dan administrasi sekolah dengan layanan secara online yang bekerjasama dengan UDINNUS Semarang sebagai fasilitator dan advisernya.
Dengan pengembangan Tehnologi Informatika dan Komunikasi menggunakan media komputer dan jaringan internet, kedepan diharapkan segala pelaporan data dan nilai siswa dapat langsung di akses melalui web site yang dimiliki SD Negeri Bakalan dengan e-mail bakalanelementaryscholl@yahoo.com.
Prihatin Ama.pd selaku kepala sekolah dasar negeri Bakalan menuturkan berbagai rencana strategis yang telah di programkan dan telah di jalani oleh sekolah yang dipimpinnya, kepada timliputan jurnalpendidikan Batang Berkembang. “Dalam pengembangan sekolah, kami yang sekarang ini menjadi satu-satunya sekolah di kabupaten Batang yang menerapkan manajemen sekolah system online mempunyai skala prioritas yang harus kami jalankan bersama-sama dewan guru lainya, yang telah menjadi komitmen bersama antara lain Menuju keberhasilan dalam ujian sekolah, Menuju prestasi tertinggi dalam bidang non akademik dan Menciptakan anak yang aktif, kreatif dan menyenangkan, Menjadikan sekolah kami mampu meraih berbagai prestasi, baik di tingkat daerah sampai pada tingkat propinsi jawa tengah“, jelasnya.
Dari semua persiapan yang telah di lakukan, yang tidak kalah pentingnya adalah harus segera di lengkapi tenaga untuk input dan mengolah data ke server yang di miliki. karena peran tenaga operator data akan sangat di perlukan untuk input mentransfer data kesiswaan, data ketenagaan, data keuangan dan data sarana dan prasaranya, yang dimiliki sekolah yang menuntut adanya perubahan data setiap minggunya, sesuai dengan kebutuhan akan perkembangan yang terjadi. Dimana kedepan arahnya adalah membentuk data base bagi keperluan transformasi data yang diperlukan oleh pihak pemerintah, lembaga pendidikan, warga masyarakat, dinas pendidikan dan terutama siswa itu sendiri seperti memudahkan setiap siswa untuk mencari nilai hasil ujian dan informasi lainya yang sangat diperlukan.
Untuk itulah pengenalan Tehnologi Informatikan dan Komunikasi mulai diperkenalakan kepada siswa mulai kelas empat dengan muatan lokal yang disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan itu sendiri. “Yang jelas, sekolah kami masih memerlukan lagi tambahan ruang kelas untuk penembangan perpustakaan dan TIK dengan kwalifikasi standar, yang hal ini dapat terlaksana jika adanya bantuan rehab atau pembangunan gedung untuk ruang belajar dari instasi terkait, untuk itu, kami mengharap bantuan dari dinas untuk memperbaiki sarana dan prasara di sekolah kami yang masih sangat terbatas, termasuk bantuan bagi penyelesaian pembuatan talut yang hingga kini belum selesai agar tidak terjadi longsor, karena sekolah kami berada persis di tepi sungai dan hal ini tidak akan terlaksana hanya mengandalkan swadaya masyarakat saja“, tegas Prihatin yang didampingi Muslimin. (tim)

1 komentar: