Selasa, 23 Maret 2010

SDLB BERIKAN BEKAL KETRAMPILAN ANAK BERKELAINAN


Sebagai sekolah yang memberikan bekal atau ketrampilan tingkat dasar bagi anak yang mempunyai kelainan sesuai dengan jenis kelainan anak untuk bisa melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi, Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Kabupaten Batang memberikan arti penting bagi kelanjutan anak yang mempunyai kelainan untuk bisa hidup bermasyarakat.

Sejak turunnya Inpres tertanggal 1 April 1983 nomer 7, SDLB ini mulai terbangun dan mulai beroperasional di kompleks pendidikan Jl. Ki Mangun Sarkoro No. 1, dan pada tahun 1993, tepatnya tanggal 25 Mei, dibangun diatas tanah seluas 4640 meter persegi, 4 unit bangunan yang terdiri dari 11 lokal kelas dan rumah dinas Kepala sekolah dan penjaga.

Dari 26 SDLB yang ada di Provinsi Jawa Tengah, SDLB kabupaten Batang telah memberikan pencerahan bagi kehidupan anak - anak yang berkelainan dengan bisa berinteraksi sosial dan bekerja seperti masyarakat pada umumnya, serta beberapa prestasi-prestasi yang membanggakan seperti Juara II seni lukis tingkat Karesidenan Pekalongan, Juara III lomba seni Tari tingkat Provinsi, dan beberapa preatasi lainnya.

Diakui Nur Wisnu Kuncahyo, yang sejak tahun 1984 mengajar anak-anak berkelainan dan sejak Januari 1993 diangkat sebagai Kepala Sekolah mengatakan, dari hasil survey yang dilakukan pada tahun 2001, tercatat di Kabupaten Batang ada 1643 anak berkelainan yang tersebar diseluruh kecamatan. Dari jumlah tersebut, dia sangat meyayangkan dengan adanya kendala trasportasi yang menghambat anak-anak yang berkelainan untuk bisa mengenyam dunia pendidikan.

Solusi adanya asrama dilingkungan sekolah untuk menampung anak didik yang bertempat tinggal jauh pun kini sudah tidak ada lagi sejak tahun 1998, dikarenakan terhentinya dana bantuan dari Departemen Sosial, serta kerusakan bangunan yang sudah tidak layak huni yang akhirnya diambil kesepakatan untuk meniadakan asrama.

Kepala Sekolah berharap, agar Pemerintah Daerah memberikan bantuan ke Sekolah Luar Biasa dari APBD seperti kota dan Kabupaten lainnya yang ada di Provinsi Jawa Tengah, seperti Cilacap, Purworejo, Pati, Karang Anyar, Jepara dan Purbanlingga, dan sesuai dengan janji Wakil Bupati pada Kunker tahun 2005 lalu, bahwa Guru Sekolah Luar Biasa akan diberi tunjangan khusus agar bisa terealisasi, mengingat sistem kerja yang tidak sama dengan sekolah pada umumnya. (Trie/Win/Ud)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar