Kamis, 01 April 2010

SMP Negeri 1 Batang

Dulu dan Sekarang

SMP Negeri 1 Batang berdiri tahun 1965, terletak di di tepi jalur Pantura pulau Jawa, tepatnya di jalan Jendral Sudirman Batang yang merupakan jalur utama Jakarta - Semarang. Jalan ini dulu dikenal dengan sebutan jalan Daendels, karena menurut catatan sejarah jalan ini dibuat pada masa pendudukan Belanda yang saat itu dipimpin oleh Gubernur Jenderal HW.Daendels. Bangunan sekolah ini juga merupakan peninggalan Belanda, dan sampai sekarang masih tampak asli arsitekturnya, hanya di beberapa bagian sudah direnovasi.

SMP Negeri 1 Batang yang terletak di Jl. Jenderal Sudirman No. 15 Batang didirikan pada tahun 1958 yang perintis pendirinya oleh Darmo Pranoto. Mula pertama gedung SMP Negeri 1 Batang ini lokasinya menempati gedung bekas SGBN Kabupaten Batang, karena berdirinya SMP Negeri 1 Batang ini merupakan transfer dari SGBN Kabupaten Batang yang berada dikompleks pendopo Kabupaten Batang.

Maka pada tanggal 15 Mei 1960 menerima surat kenegrian dari menteri P&K yang pada waktu itu diwakili oleh Nahar dengan nomor SK :187/SK/B/II. Kepala sekolah yang ditunjuk saat itu Prapto Prawiro Pranoto. Berkisar tahun 1965, SMP Negeri 1 Batang pindah kegedung bekas HIS (gedung yang hingga kini masih dipergunakan), yakni Jl. Jenderal Sudirman No. 15 Batang dengan penambahan lokal-lokal baru, hingga sekarang ini SMP Negeri 1 Batang memiliki 16 lokal untuk ruang kelas, ditambah Ruang Kepala Sekolah, Kantor Tata Usaha, Ruang Guru, Ruang Kelas, Laboratorium IPA, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Komputer, Musholla, Ruang Kesenian/Musik, Perpustakaan, Ruang BP/BK, Ruang UKS, Ruang OSIS & Pramuka, Ruang Penjaga Sekolah, Tempat Parkir Guru, Tempat Parkir Siswa, Kamar Kecil Guru dan Kamar Kecil Siswa.

SMP Negeri 1 Batang sejak keberadaannya telah mengalami beberapa kali pergantian kepala sekolah yang bertanggung jawab tetang persekolahannya, baik dalam tanggung jawab ke dalam (Intra) maupun tanggungjawab ke luar (ekstra). Adapun nama-nama kepala sekolah yang telah memimpin SMP Negeri 1 Batang antara lain Prapto Prawiro Pranoto, Darmo Pranoto, Soewondo, Sri Subroto, Kudonowarso, Yunan Thoha, Sumarno, Suharto, Siti Suprapti, Sarino Mangun Pranoto, Sugito, S.Pd, Sunjoto, S.Pd, Dra. Endang Pujiarti, MM dan kepala sekolah yang hingga kini masih menjabat yakni Setyo Dwi Susyanto, S.Pd.

visi

# UNGGUL DALAM MUTU

# DISIPLIN DALAM TINDAKAN

# SANTUN DALAM PERILAKU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar