Minggu, 13 Maret 2011

MII PRETEK PECALUNGAN “BERSAMA KITA BISA”

Bukan sekedar latah untuk ikut memakai motto “Bersama Kita Bisa” yang digaungkan oleh Presiden SBY, namun jajaran pengelola Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah (MII) Pretek Kecamatan Pecalungan ini yakin, bahwa sekarang ini sudah tiba saatnya untuk merajut dan memupuk lagi rasa kebersamaan. Karena, hanya dengan kebersamaan, kemajuan dari berbagai aspek akan dapat berjalan dengan lancar.
Seperti yang disampaikan Setiadi, S.Pd selaku kepala Madrasah yang dijumpai diruangannya beberapa waktu lalu mengatakan, bahwa dengan adanya kebersamaan dari semua elemen yang ada di sekolah, maka apa yang diinginkan sekolah pasti akan terwujud.
“Kami sangat yakin, bahwa dengan kebersamaan yang menjadi tumpuan kita dalam bekerja dan mendidik anak-anak, Insya Allah, semua harapan kita akan tercapai. Karena kebersamaan itu indah dan bermakna inklusif”, paparnya.
Alhasil, dengan pemupukan rasa kebersamaan itu, madrasah yang berdiri pada tanggal 28 Maret 1963 ini sekarang sudah menampakkan kemajuannya, baik peningkatan dibidang sarana dan prasarana sekolah, maupun prestasi anak-anak didiknya. Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya sarana dan prasarana sekolah, seperti ruang kelas yang representative, sarana pembelajaran yang sudah terpenuhi diantaranya buku-buku penunjang kurikulum, media pembelajaran seperti KIT IPa, Bahasa, Matematika, olahraga, laptop. Drum band, rebana Modern dan orgen. Media audio visual.
Bahkan, untuk menunjang kegiatan ekstrakurikuler, madrasah ini sudah dilengkapi dengan alat-alat Drumband, rebana dan alat-alat olahraga. MII Pretek juga menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler BTQ, sari tilawah dan Qosidah serta memberikan les Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, IPA, Matematika, dan bahasa Inggris.
Motto “Bersama Kita Bisa” yang dijunjung tinggi oleh jajaran pengelola MII Pretek ternyata menjadikan satu motivasi yang luar biasa. Dan tahun ini, rencananya pihak sekolah akan melengkapi dan memenuhi sarana prasarana komputer dengan alasan untuk mengejar ketertinggalan dengan madrasah ataupun sekolah dasar yang sudah maju, agar mampu bersaing.
“Terus terang, saat ini kita masih kurang 1 lokal kelas lagi, karena ada 12 rombongan belajar dan baru ada 11 lokal kelas, 1 ruang guru dan 2 KM/WC anak, dan 1 KM/WC guru serta gudang. Target kedepan, kita juga akan membangun gedung perpustakaan dan ruang UKS serta pemenuhan komputer yang rencananya 10 unit untuk mewujudkan sekolah yang representatif”, katanya.
Selain itu, MII Pretek yang berdiri dibawah naungan yayasan Ma’arif ini juga menyelenggarakan pembelajaran PAIKEM, yakni Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Karena menurut pengelola madrasah ini, bahwa pendidikan merupakan kunci untuk semua kemajuan dan perkembangan yang berkualitas, sebab dengan pendidikan manusia dapat mewujudkan semua potensi dirinya baik sebagai pribadi maupun sebagai warga masyarakat. Dalam rangka mewujudkan potensi diri menjadi multiple kompetensi harus melewati proses pendidikan yang diimplementasikan dalam proses pembelajaran.
“Buah dari proses pendidikan dan pembelajaran akhirnya akan bermuara pada lingkungan. Manfaat keberhasilan pembelajaran akan terasa manakala apa yang diperoleh dari pembelajaran dapat diaplikasikan dan diimplementasikan dalam realitas kehidupan. Inilah salah satu sisi positif yang melatarbelakangi pembelajaran dengan pendekatan lingkungan”, imbuhnya.
Menurut kepala sekolah dengan total siswa 368 anak ini, dalam pembuatan visi dan misi, pihaknya juga tidak sembarangan untuk mengkonsep. Pembuatan visi dan misi berdasar hadist untuk selalu meningkatkan atau bahwa hidup itu harus selalu meningkat. “Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini. Inilah konsep visi dan misi madrasah kita”, jelasnya.
Sekolah yang pernah dikunjungi dan diberikan pembinaan oleh Bupati Batang, H.M Bambang Bintoro, SE ini kedepannya optimis untuk tetap terus maju dan berkembang, serta dipercaya masyarakat dan pemerintah untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu.
“Harapan kita, kebersamaan ini akan terus berlangsung dalam 1 tujuan untuk memajukan MII Pretek. Hasil akhir dari kebersamaan tersebut akan kasat mata ketika mutu pendidikan di sekolah kita menjadi lebih baik, kesejahteraan umum dirasakan bersama dan di mata masyarakat, MII Pretek semakin dihargai dan dicintai. Semoga motto Bersama Kita Bisa akan terwujud. (Trie)


Visi : Berprestasi dengan bekal Imtaq, Iptek dan Akhlakul Karimah
Misi :
meningkatkan sumberdaya dan kinerja tenaga pendidik
meningkatkan ukhuwah islamiyah dengan semua elemen masyarakat
meningkatkan belajar dan bimbingan secara intensif
meningkatkan fungsi sarana dan prasarana pendidikan
terwujudnya anak didik yang berakhlakul karimah, cerdas dan terampil



Tidak ada komentar:

Posting Komentar