Minggu, 13 Maret 2011

PAUD KARTIKASARI BESANI DIRESMIKAN


Pendidikan anak usia dini atau yang disingkat PAUD adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.
Hal ini seperti yang disampaikan Ari Pratomo, S.Pd selaku Kepala UPT Disdikpora Blado yang di dampingi, Samin, S.Pd saat memberikan penjelasan pada tamu undangan dalam sambutannya meresmikan PAUD Kartika Sari yang ada di Desa Besani kecamatan Blado, 20 Januari 2010 lalu.
Lebih jauh dipaparkan Ari Pratomo, ada dua tujuan diselenggarakannya pendidikan anak usia dini yaitu untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa serta tujuan penyerta yakni untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah.
“Dikarenakan pada usia anak 1 hingga 6 tahun, perkembangan otaknya sudah 50 %. maka kesempatan yang baik ini agar dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya di PAUD, karena didalamnya diselenggarakan bermain sambil belajar. Dan anak yang sudah bersekolah di PAUD sudah punya jembatan atau dasar untuk melanjutkan ke sekolah dasar maupun MI”, paparnya.
Diharapkan kepala UPT Disdikpora Blado, semoga gedung ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, karena dengan terbangunnya sarana yang ada ini, merupakan tanda-tanda keberkahan untuk masyarakat.
“Dengan adanya gedung PAUD ini, semestinya awal yang bagus kalau masing-masing desa mempunyai kemauan. Dari pihak kita hanya mendorong dan mendukung. Kedepannya pasti akan bagus, karena kecamatan Blado adalah kecamatan yang mempunyai PAUD paling banyak, yakni sebanyak 20 PAUD. Ini perlu kita syukuri. Tolong selanjutnya kami serahkan kepada masyarakat untuk ikut menjaga dan merawat, serta membesarkan”, harapnya.
Sementara itu, dijumpai usai acara peresmian, kepala desa Besani Kecamatan Blado, Jumirin, S.Pd menjelaskan, bahwa gedung Paud Kartika Sari dibangun dengan anggaran 85 juta dari anggaran PNPM tahun 2009 yang dibangun diatas tanah bengkok sekdes, seluas 200 meter persegi.
“Tujuannya adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dari tingkat bawah. Karena Desa Besani kalau dilihat dari segi pendidikan masih jauh. Kita akan berusaha untuk meningkatkan, salah satunya dengan dibangunnya PAUD ini. Dan perlu diketahui, Paud Lestari sudah berdiri sejak 15 juli 2008 dan sudah tercatat 27 anak. Semoga dengan adanya gedung, jumlah siswanya semakin banyak.”, jelasnya.
Ditambahkan Kepala Desa, bahwa Desa Besani yang terdiri dari 600 kk atau 2835 penduduk yang terbagi di 7 dukuh dan mayoritas berprofesi sebagai petani ini kedepannya akan mengembangkan dan memajukan masyarakatnya melalui pendidikan.
“Bagaimanapun juga, masyarakat akan maju bila pendidikan juga maju. Kami berharap, kalau Paud ini bisa maju, akan kami kembangkan untuk kelompok baru. Dan menyikapi SD Negeri Besani yang mempunyai 2 lokasi, kami ingin mengajukan usul untuk di kembangkan menjadi dua untuk dikelola sendiri agar maksimal, soalnya, walau 1 SD, jaraknya berkisar 2 kilo”, pungkasnya. (Trie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar