Minggu, 13 Maret 2011

SD NEGERI GEMUH 2 TERAPKAN 7T DAN 7 K


SD Negeri Gemuh 02 UPT Disdikpora Pecalungan sejak tahun 2001 telah menerapkan program 7 T dan 7 K. Kepanjangan dari program 7 T dan 7 K itu ialah Tertib waktu, Tertib Administrasi, Tertib Berpakaian, Tertib KBM, Tertib Tingkah laku, Tertib Berbicara dan Tertib Bekerja. Sedangkan 7 K diantaranya Keamanan, Kebersihan Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan, Kerindangan dan Kesehatan.
Menurut Indun Sugiyati Cicilia Ama.Pd selaku kepala sekolah yang didampingi Mabni selaku guru agama dan bendahara BOS, bahwa tujuan di terapkan dan laksanakannya program ini agar supaya bisa meningkatkan kedisiplinan guru dan murid dan menambah rasa kekeluargaan serta sebagai dasar untuk memajukan sekolah.
“Penyusunan dan pelaksanaan program 7 T dan 7 K ini merupakan bagian dari program sekolah dan dalam pelaksanaannya, semua unsur sekolah baik siswa dan gurunya sangat berpengaruh dalam kesuksesan program ini. Al hasil, dengan diberlakukannya program ini, sekolah kami sudah menampakkan kemajuan”, tuturnya.
Dituturkan wanita kelahiran Magelang, 11 Februari 1951 ini, dengan diberlakukannya program ini menjadi salah satu dari program sekolah, sekolah yang berdiri tahun 1985 ini sudah banyak mengalami kemajuan.
“Perubahan drastis untuk kemajuan sekolah kita, dulu sekolah kita hanya ada 1 ruang dan yang lainnya menggunakan rumah penduduk selama 7 tahun. Dan sekarang sudah ada 5 lokal kelas baru”, kenang kepala sekolah yang memimpin sekolah ini sejak November 2001.
Dikisahkan Indun, sekolah yang kini mempunyai siswa sejumlah 116 anak ini dari tahun ke tahun mengalami perubahan. Tercatat pada tahun 2002, sekolah ini menambah 3 ruangan, tahun 2004 menambah 1 ruang dan kantor serta ditahun 2006 menambah 1 ruang.
“Tahun ini, sekolah kita kembali dipercaya untuk mengelola bantuan rehab 1 lokal, tapi kami kembangkan menjadi 2 lokal dan sanitasi. Dan kami akui, peran serta masyarakat di sini bagus, masyarakat sering mendukung kegiatan sekolah melalui komite. Komite punya ide, kemudian kita gagas bersama, hingga sekolah kita yang dulunya tidak ada apa-apa, hingga nampak seperti sekolah”, kisahnya.
Peran serta masyarakat yang disampaikan kepala sekolah bukan isapan jempol belaka, hal ini dibuktikan dengan adanya pengerjaan jalan masuk sekolah yang diprakarsai pihak sekolah dan masyarakat.
“Untuk progam kedepan, kita akan melakukan penebingan dan harapan kami, pemerintah agar bisa menambah 1 lokal kelas dan ruang perpustakaan agar sekolah kita yang sudah masukpapan tengah di kecamatan Pecalungan ini untuk terus mencetak prestasi sekolah dikawal bersama dengan perasaan yang nyaman dan terkendali”, pungkasnya.
Perlu diketahui, SD Negeri Gemuh 02 juga merintis simpan pinjam, dengan potongan 5000 rupiah sejak tahun 2002, dan sekarang sudah terkumpul hingga 9 juta. SD Negeri Gemuh 02 juga tercatat sering berprestasi saat di kecamatan Blado, dan di kecamatan Pecalungan, sekolah ini sudah masuk peringkat papan tengah. (Trie)

Visi : Sekolah Yang Mencetak Watak Manusia Yang Cerdas dan Terampil Berlandaskan Iman dan Taqwa

1 komentar:

  1. Saya senang membacanya namu progran 7T dan 7K mana

    BalasHapus