Senin, 14 Maret 2011

Sekapur sirih & Editorial


Pertama-tama, kami ingin menyampaikan selamat tahun baru Islam 1431 H, Selamat Tahun Baru 2010 Masehi dan selamat datang dari Tanah Suci bagi Jama’ah Haji jajaran Pendidikan Kabupaten Batang yang baru menunaikan rukun Islam yang ke lima, semoga menjadi Haji yang Mabrur yang sanggup beramal dan berbhakti bagi pendidikan di kabupaten Batang.

Tidak lupa, kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Radio Abirawa yang telah membantu Dewan Pendidikan dalam mensosialisasikan acara Pembinaan Budi Pekerti dan Toto Kromo yang diselengarakan Dewan Pendidikan Kabupaten Batang bersama Kru TVRI Semarang asuhan Joko Susanto alias Gatotkaca pada tanggal 18 Desember 2009 lalu sebagai sumbangsih Dewan Pendidikan kabupaten Batang untuk menyusun buku ajar Budi Pekerti dan pembuatan CD Tata Krama.

Guna mendukung seruan dan ajakan Gubernur Jawa Tengah dalam menjawab krisis jati diri, krisis idiologi, dan krisis kepercayaan. Untuk itu diperlukan pengajaran Budi Pekerti di Jawa Tengah. Untuk mem back up krisis jati diri dan idiologi, Dewan Pendidikan dan DHC 45 yang diwakili pengurus DHC 45 Jawa Tengah untuk bedah nilai-nilai kejuangan di aula Disdikpora Kabupaten Batang. Untuk itu perlu di terbitkan buku pintar mengenai nilai-nilai Pancasila, Bhineka Tunggal Ika untuk menangkal, memerangi dan memberantas pengaruh globalisasi yang negative, serta contoh-contoh keteladanan dari elit-elit politik tentang etika dan toto kromo yang sesuai dengan butir-butir Pancasila.

Untuk itu, Dewan Pendidikan Jawa Tengah diharapkan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi untuk segera mencetak buku pintar Budi Pekerti guna mengangkat mental bangsa Indonesia yang baik.

Dewan Pendidikan kabupaten Batang juga telah mengadakan work shop dan seminar budi pekerti melalui Temu Bahasa Jawa dan makalah Budi Pekerti yang diselenggarakan pada tahun 2002 di pendopo kabupaten Batang yang dilengkapi dengan seminar khusus budi pekerti dengan nara sumber Prof. Dr. Ardani MA dari UIN Jakarta yang membahas tesis tentang Budi Pekerti dan Dr. Sudiatmana, pakar Budaya dan Bahasa Jawa dari Jawa Tengah.

Kami mohon agar jajaran Disdikpora beserta Bupati dan Walikota untuk merespon secara pro aktif masalah pembelajaran budi pekerti - jati diri bangsa - idiologi Negara diajarkan pada jam-jam tambahan di luar jam pelajaran kurikulum. Diharapkan masing-masing daerah mempunyai prakarsa dan inisiatif terhadap program tersebut.





DUA TANTANGAN TAHUN 2010

Bagi jajaran pendidikan kabupaten Batang, terutama SD, MI, SMP, MTs, SMA, MA dan SMK, perlu terus menerus bekerja keras all out untuk mempertahankan prestasi ujian nasional dan UASBN pada tahun 2009/2010 nanti, hingga capaian 10 besar SMP/MTs se Jawa Tengah yang dicapai kabupaten Batang dan prestasi puncak seorang siswa SMA Negeri Bawang yang meraih nilai tertinggi se Jawa Tengah pada mata pelajaran Kimia yang di ikuti prestasi hasil UN SMA/MA tahun 2008/2009 mencapai peringkat 3 besar dan 7.

Dewan Pendidikan kabupaten Batang memberikan apresiasi yang tinggi serta ucapan selamat atas prestasi tersebut di atas untuk memperjuangkan, mempertahankan, bahkan meningkatkan. Dalam pada itu, perlu diperhatikan bagi jajaran SD/MI hendaknya bangun berangkat dari keterpurukannya, hasil UASBN SD/MI jangan sampai terulang pada UASBN 2009/2010, bahkan harus cepat-cepat bekerja keras mengejar daerah-daerah lainnya.

Untuk itu birokrasi pendidikan, UPTD, Pengawas serta kepala sekolah harus intensif dalam membina dan memacu guru dan siswa dalam rangka mengantisipasi UASBN nanti. Kelemahan paling fatal adalah mata pelajaran matematika. Untuk itu perlu guru kelas SD/MI perlu melakukan kegiatan Upgrading matematika secara kinerja mandiri yang kemudian dilanjutkan dengan kajian tentang standar kelulusan SD/MI 2009/2010.

Seruan Romo selaku ketua Dewan Pendidikan kabupaten Batang yang telah mengawal jajaran dinas pendidikan dan satuan sekolah selama 5 tahun terakhir ini, hendaknya mendapat respon dan jangan sampai tersia-siakan.

Setidaknya, kami telah rela berkorban usia, pemikiran-pemikiran bahkan fasilitas-fasilitas yang kami miliki yakni Sedan Merah “G 3773 C” hanya demi untuk peningkatan mutu pendidikan dan membawa nama baik kabupaten Batang.

Selamat berjuang, Ora et Labora (Berdoalah dan bekerja), semoga Tuhan bersama kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar