Minggu, 24 April 2011

SMP NEGERI 9 BATANG In House Training & Workshop


SMP Negeri 9 Batang beberapa waktu lalu tepatnya pada tanggal 21 hingga 23 Juni 2010 menggelar kegiatan yang diberi label In House Training & Workshop. Kegiatan ini dihadiri oleh Drs. Sabar Mulyono selaku Kepala Bidang Pendidikan SMP/Dikmen, Drs. Setiyono MM selaku Pengawas SMP Disdikpora Kab. Batang, H. Karbukti, BE selaku Ketua Komite dan seluruh Guru serta karyawan SMP Negeri 9 Batang.

Dipaparkan Paiman, S.Pd selaku kepala sekolah dalam sambutannya, bahwa kegiatan yang diberi judul In House Training & Workshop Penyusunan Program Tahun Pelajaran 2010/2011 ini baru pertama kali dilaksanakan di sekolahnya untuk menyelaraskan gerak dan langkah segenap civitas akademika SMP Negeri 9 Batang dalam melaksanakan tugas dan pengabdiannya pada tahun pelajaran 2010/2011.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka melanjutkan upaya mewujudkan visi dan misi SMP Negeri 9 Batang yang telah dirumuskan oleh pendahulu kami. Yaitu terwujudnya lulusan yang cerdas, berbudi pekerti luhur dan terampil”, katanya.

Dijelaskan Paiman yang memimpin SMP Negeri 9 Batang sejak 1 Januari 2008 ini, bahwa penjabaran dari visi tersebut dituangkan dalam misi sekolah. Adapun Visi lulusan yang cerdas dijabarkan dalam misi ; (1) Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal sesuai potensi yang dimiliki. (2) Melaksanakan inovasi pembelajaran yang sesuai perkembangan IPTEK.

Kemudian, untuk penjabaran Visi lulusan yang berbudi pekerti luhur dijabarkan dalam misi ; (3) Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan terhadap ajaran agama yang dianut, (4) Melaksanakan kegiatan yang mendorong peningkatan sopan-santun dalam pergaulan. Dan Visi lulusan yang terampil dijabarkan dalam misi ; (5) Melaksanakan kegiatan pengembangan potensi bakat, minat dalam bidang olah raga dan kesenian, (6) Melaksanakan pendidikan kecakapan hidup sebagai bekal siswa hidup di masyarakat.

“Namun demikian upaya untuk mewujudkan visi dan misi tersebut masih mengalami banyak kendala dalam pelaksanaannya. Oleh karena itulah kami memandang perlunya diadakan kegiatan IHT dan Workshop ini”, jelasnya.

Diharapkan pihaknya, dari kegiatan ini diharapkan segenap warga SMP Negeri 9 Batang memperoleh pencerahan dari para nara sumber tentang berbagai hal berkenaan dengan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Dilanjutkan dengan workshop penyusunan program, yang diharapkan dapat menyelaraskan gerak dan langkah segenap civitas akademika SMP Negeri 9 Batang dalam melaksanakan tugas dan pengabdiannya pada tahun pelajaran 2010/2011.

“Menyelaraskan langkah anggota keluarga yang terdiri dari Ayah, Ibu dan anak saja belum tentu mulus alias gampang, apalagi menyeleraskan warga SMP Negeri 9 Batang yang terdiri dari 21 guru PNS, 1 guru CPNS, 2 guru WB, dan Pegawai Aministrasi Sekolah yang terdiri dari 2 PNS, 2 CPNS serta 4 tenaga wiyata bakti, yang tentunya mempunyai sudut pandang yang berbeda”, tegasnya.

Diharapkan kepala sekolah, adapun output langsung yang diharapkan dari kegitan IHT adalah meningkatnya pemahaman peserta, tentang tugas dan tanggung jawab masing-masing, sehingga terwujud dalam perilaku dalam tugas kesehariannya kelak.

“Output dari workshop kali ini diharapkan terwujudnya program-program sekolah yang tertata dengan baik sehingga dapat dilaksanakan dengan baik pula”, pungkasnya. (Trie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar