Selasa, 30 Maret 2010

EDITORIAL EDISI 7

Pendidikan adalah tanggung jawab bersama antara pemerintah, orang tua dan masyarakat. Agar program pendidikan dapat sukses, maka ketiga komponen penanggung jawab tersebut perlu mengadakan sinergi gagasan dan potensi, sehingga dapat menghasilkan kekuatan yang besar. Sinergi seperti ini kini semakin penting mengingat problema dan tantangan yang dihadapi pendidikan semakin besar dan kompleks, sementara sumber-sumber yang dapat digunakan untuk menghadapinya sangat terbatas.

Untuk melakukan sinergi tersebut diperlukan wahana komunikasi yang intensif, sehingga antara satu pihak dengan yang lain, dapat saling bertukar pikiran dan informasi, guna menyatukan gagasan dan potensi yang dimiliki. Oleh karena itu, hadirnya Jurnal Pendidikan Batang Berkembang diharapkan dapat menjadi salah satu media komunikasi antara berbagai pihak yang menaruh perhatian dan merasa berkepentingan dengan pengembangan pendidikan di Kabupaten Batang khususnya, dan di tanah air tercinta pada umumnya.

Buletin Jurnal Pendidikan Batang Berkembang yang sudah terbit hingga edisi ke-7 ini diharapkan dapat memuat berbagai gagasan pendidikan, berbagai inovasi yang sedang dan telah dilakukan oleh sekolah atau oleh lembaga pendidikan lainnya, agar dapat dipakai bahan pembanding bagi sekolah atau pihak lain. Buletin ini diharapkan juga memuat problema yang dihadapi lembaga pendidikan, baik tingkat lokal maupun nasional, sehingga menjadi pelajaran sekaligus mengundang para pemerhati untuk membantu memecahkannya.

Pada saat kita sedang berupaya keras menuntaskan program wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun, dengan mutu yang baik, terbitnya buletin ini diharapkan dapat menjadi media sosialisasi berbagai program yang sedang dilaksanakan dan juga menjadi media tukar menukar gagasan untuk penyempurnaannya ataupun merancang program ke depan. Perkembangan, keberhasilan maupun kendala dari program yang sedang dilaksanakan dapat dimuat secara berkala, dalam bentuk fitur, artikel, pesan dan informasi, selingan maupun reportase.

Dari pengalaman selama ini, memulai penerbitan suatu buletin atau majalah ini relatif mudah, tetapi untuk mempertahankannya agar dapat terbit secara ajeg seringkali lebih sulit. Oleh karena itu, sejak awal sudah harus dirancang strategi untuk secara kontinyu dapat memperoleh naskah yang cocok dan bermutu baik. Saya, atas nama pribadi maupun atas nama Dewan Pendidikan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memprakarsai dan membantu upaya penerbitan buletin ini. Semoga Jurnal Pendidikan Batang Berkembang ini mencapai maksud dan tujuannya.

Adapun peran serta masyarakat terhadap mutu pendidikan / sekolah merupakan parent support group harus diposisikan sebagai penunjang dan harus diberikan main set untuk sadar pendidikan, serta peran lingkungan dan mass media wajib bertanggung jawab terhadap majunya pendidikan secara pro aktif, dalam hal ini penentu adalah peran Pemerintah secara mutlak, serta kunci pokok yang harus dibebankan kepada Kepala Sekolah dan Guru, yang oleh karenanya mereka harus berkualitas dan unggul, tidak usah menunggu fasilitas yang harus baik, namun harus selalu didasari tekad spirit berkarya keras dan berjuang serta niat kerja keras serta tanggung jawab.

Pembangunan karakter anak didik, guru dan aparat pendidikan harus digarap. Nation and character building kini harus dibangun dengan nilai-nilai perjuangan budi pekerti dan akhlakul karimah, dalam hal ini harus ada penanaman, penelitian dan pembiasaan, jangan Teks book thingking, serta perlu ada buku referensi, budi pekerti yang dicetak APBD tingkat I atau II.

Dengan anggaran 20 % untuk pendidikan serta didukung APBD untuk peningkatan mutu pendidikan dan selanjutnya MoU (50%, 30%, 20%), Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah (Guru) dan kepedulian masyarakat harus bertekad dan bertanggungjawab atas tercapainya mutu pendidikan hingga pembangunan SDM melalui pendidikan bisa terjamin.

Siapkah anda ????!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar