Jumat, 26 Maret 2010

SD CEMPERENG MENANAMKAN BUDI PEKERTI SEJAK DINI


Ada rasa trenyuh, ketika kita masuk dilingkungan SD Cempereng, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang. Pasalnya, pertama kali masuk gerbang sekolah, hampir keseluruhan murid, mengucapkan salam, dan salim (cium tangan), kepada setiap tamu yang datang.
Hal ini di dukung dengan penjelasan Suprapti, S.Pd, selaku kepala sekolah.
“Kita memang melakukan pembiasaan kepada siswa, dengan penanaman budi pekerti, kepada siswa, sedini mungkin. Dengan tujuan, membentuk siswa yang mempunyai kepribadian yang baik, serta berakhlakul kharimah”, tuturnya.
Mengenai persiapan mengadapi ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) nanti, menurut Suprapti, pihaknya sudah melaksanakan berbagai persiapan.
“Persiapan sudah dilaksanakan sejak januari, dan yang sudah kita laksanakan diantaranya, memberikan tambahan belajar, yang dilaksanakan setiap hari senin sampai kamis, dari jam 1 sampai 2.30, untuk mata pelajaran yang diujikan, kemudian memberikan motivasi kepada orang tua murid, dengan maksud, agar masyarakat ikut mengawasi, karena kita membentuk kelompok belajar, dan kita titipkan kepada orang tua sebagai pengawas, disamping ada pantauan dari kita (guru-red), dan tak lepas pembahasaan materi lewat buku-buku khusus, dan dari dinas juga dilakukan Try Out”, jelasnya.
Menghadapi ujian nanti, pihaknya optimis, dan menerapkan kepada jajarannya, untuk kerja keras dan tidak boleh duduk manis, demi keberhasilan prestasi anak didiknya. Namun yang menjadi kendala selama ini, dituturkan kepala sekolah, bahwa dengan adanya BOS (Bantuan Operasional Sekolah), pengertian masyarakat, telah menggratiskan segala kegiatan sekolah. Dan pihaknya berharap, untuk pihak yang terkait, untuk memberikan pengertian kepada masyarakat.
“Setiap ada kegiatan, banyak SD yang tombok, di mohon Dewan pendidikan untuk ikut ngasih masukan ke dinas, bagaimana solusi yang terbaik untuk mengatasi permasalahan ini”, pungkasnya.
Perlu diketahui, sekolah dengan total murid 227 siswa ini, untuk ukuran prestasi tergolong cukup lumayan, diantaranya, pernah menjuarai Mapsi tingkat kabupaten tahun 2005, dan dikirim ke tingkat provinsi hingga masuk 10 besar, kemudian volly peringkat 4 kecamatan, lompat jauh juara I tingkat kecamatan, porseni tari juga juara tingkat kecamatan, dan untuk lomba cerdas cermat tingkat kecamatan masuk 5 besar. (Tim)

2 komentar:

  1. salam sukses jurnal, perkenalkan saya pengajar di SD N Cempereng. terimakasih profil sekolah kami di upload di blog ini. oya satu lagi di batang ada SMK baru yakni SMK bardan wasalaman konsentrasi pharmachy, kebetulan saya juga sebagai staf pengajar disana. jika redaksi jurnal pendidikan berkenan, kami ingin profil smk juga bisa masuk ke blog ini. terimakasih

    site smk : http://smk-bw.co.cc

    BalasHapus
  2. oya jurnal pendidikan,itu foto lama tapi kok tanggal postingnya baru bulan maret ya? terimakasih.

    BalasHapus