Jumat, 26 Maret 2010

SD Negeri Kambangan 2 Blado TUNTUT PERAN WALI MURID UNTUK PENINGKATAN MUTU


Untuk meningkatkan mutu pendidikan, tidak saja hanya bergantung pada profesionalisme guru dan potensi murid, namun diperlukan juga, kelengkapan sarana dan prasarana yang memadai, sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar. Hal ini seperti yang dituturkan Kepala SD Negeri Kambangan 2 Blado, Sudjono, Ama.Pd, kepada tim liputan Jurnal Pendidikan Batang Berkembang, beberapa waktu lalu. “Bagaimana mau meningkat mutu pendidikan kita, apabila semua masih dalam keadaan serba terbatas”, tuturnya.
Lebih lanjut Sudjono mengatakan, seperti halnya yang terjadi disekolah yang dipimpinnya, semuannya masih dalam keadaan keterbatasan, sehingga perlu adanya perhatian yang serius dari pemerintah. “Sekolah kita hanya ada 5 lokal, 1 untuk kantor, dan sisanya untuk kegiatan belajar mengajar, sehingga, untuk kelas 1 dan 2 bergantian, kelas 3 dan 4 menggunakan 1 ruangan yang di skat, yang diperparah dengan jumlah tenaga pendidik yang hanya pas-pasan. Bahkan, kondisi ini lebih diperparah, dengan minat baca yang baik dari anak-anak, yang tidak diimbangi dengan kelengkapan perpustakaan”, jelasnya
Sekolah yang pernah mendapat Juara II lomba Mapel PAI SD tingkat Kabupaten tahun 2003 ini, untuk persiapan menghadapi ujian, telah mempersiapkan beberapa langkah, diantaranya mengadakan les pagi hari mulai jam 0, untuk kelas 6, dan sudah melakukan try out 3 kali. “Kita berusaha semaksimal mungkin, dan juga, kita sosialisasi kepada orang tua murid, agar ikut berperan dalam membimbing dan memotivasi anak-anaknya. Dan kita minta, bila hasil kurang baik, guru jangan jadi kambing hitam, karena lain dengan kota, wali murid pada umumnya sangat banyak perhatian”, katanya.
Dikatakan Sudjono, bahwa sosialisasi kepada orang tua murid, pihaknya mengadakan pertemuan 2 kali dalam 1 tahun. Hal ini, dengan tujuan untuk memberikan kesadaran kepada wali murid, sehingga diharapkan untuk ada perhatian kepada anak-anaknya dalam kegiatan belajar dirumah, dan intinya, peningkatan mutu pendidikan jangan hanya dibebankan kepada guru saja, namun juga perlu adanya peran serta dari orang tua atau wali murid, serta didukung dengan lengkapnya sarana prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar. (Tim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar