Kamis, 20 Mei 2010

Aris Chambari, S.Pd – Ketua Gugus Gajah Mada Subah

“Kita Tekankan Agar Guru Ada Kemajuan”

Dalam upaya untuk menciptakan Guru yang professional dan bisa lebih maju, Gugus Gajah Mada UPT Disdikpora Subah rutin mengadakan pertemuan-pertemuan gugus, salah satu diantaranya adalah pertemuan KKG.

Seperti yang disampaikan Aris Chambari, S.Pd selaku ketua Gugus Gajah Mada yang didampingi Ketua KKKS – H. Masrur, S.Pd, dan ketua KKG Gugus Gajah Mada Komarun, S.Pd disela-sela acara mengatakan, bahwa kegiatan KKG digugus gajah mada yang beranggotakan SD Imbas yang diantaranya SD Negeri Adinuso 02, SD Negeri Sengon 01, SD Negeri Sengon 02, SD Negeri Sengon 03, SD Negeri Durenombo 01 SD Negeri, Negeri Durenombo 02 dan SD Negeri Clapar ini selalu rutin diselenggarakan demi kemajuan pendidikan di Gugus Gajah Mada khususnya dan di Kabupaten Batang pada umumnya.

Selaku pemateri, Aris menjelaskan, Kegiatan KKG kali ini di fokuskan pada PTK (Penelitian Tindakan Kelas), yaitu suatu kegiatan untuk mencermati suatu obyek untuk memperoleh data yang akurat, obyeknya adalah kelompok siswa dalam waktu yang sama saat menerima pelajaran. “Tujuan PTK adalah untuk memperbaiki mutu praktek pembelajaran. Kita tekankan agar guru ada kemajuan. Misalnya dalam pembelajaran IPA dan Matematika siswa kurang tertarik, guru harus banyak menggunakan alat peraga. Diharapkan guru bisa menambah sistem pembelajaran dengan menggunakan alat peraga”, jelasnya.

Menurut Aris, Alat peraga bisa didapatkan dilingkungan sekolah tanpa harus membeli, karena dengan alat peraga bisa menanggulangi kemampuan kreatifitas siswa yang masih rendah. “Dalam hal ini, Guru dituntut untuk bisa memberikan motivasi agar siswa lebih kreatif”, imbuhnya.

Ditambahkan pemateri lainnya, yakni H. Masrur, S.Pd yang juga selaku ketua KKKS kecamatan Subah menambahkan, pihaknya berharap, agar Gugus Gajah Mada atau Gugus-gugus yang lainnya di Kecamatan Subah bisa menjadi gugus yang bermutu. “Gugus yang BERMUTU yakni Better Education Trought Reformed Manajemen and Universal Teacher Upgrading. Dalam hal ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam mereformasi / merubah diri sebagai tenaga pendidik tentunya”, imbuh H. Masrur yang juga Kepala sekolah SD Negeri Negeri Sengon 01 ini.

Dijelaskan H. Masrur, bahwa materi ini sedang disosialisasikan olehpihaknya. “Digugus sedang digalakkan, selalu mengadakan KKG setiap hari sabtu di masing-masing SD Inti. Intinya, akan disosialisasikan ke Gugus-gugus yang lain, harapan gugus yang bermutu adalah mereformasi pendidikan bagi guru, memperkuat upaya peningkatan mutu, memperbaharui sistim akuntabilitas untuk meningkatkan kinerja dan karir guru serta meningkatkan monitoring dan evaluasi mutu guru dan diharapkan Guru bisa meningkatkan pengetahuan dalam hal kemampuan (skill) dan dapat diimplementasikan didalam sekolah masing-masing”, paparnya.

Sementara itu, ketua KKG Gugus Gajah Mada Komarun, S.Pd mengatakan, Rapat atau kegiatan KKG Gugus Gajahmada meliputi Kompetensi silabus, Strategi pembelajaran dan Media pembelajaran serta evaluasi. “Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari sabtu, dan dalam tahun 2009 akan dilaksanakan 16 kali pertemuan dan mendapatkan pemateri dari LPMP sebanyak 2 kali”, pungkasnya. (Trie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar